Daftar Toko Buku Bajakan di Lokapasar – Sebenarnya aku sudah pernah membuat beberapa daftar toko buku bajakan di lokapasar, khususnya Shopee. Daftar itu aku tulis pada situs pribadiku, bacatulis.online. Namun entah kenapa tiba-tiba situsku eror. Pernah juga aku unggah tulisan di blog, tapi lupa paswordnya. Mau memperbaikinya juga malas karena alasan pribadi.

Kemudian karena ada seorang kawan yang mau menerbitkan setiap tulisanku perihal buku bajakan di situsnya (kataloka.org) akhirnya muncul lagi keinginan iseng-iseng untuk membuat daftar toko buku bajakan daring, terutama di lokapasar. Ini lebih efektif ketimbang aku perbaiki blog atau situsku. Jadi tinggal kirim tulisan, ke kawanku, kemudian kawanku yang mengunggah.

Aku bilang iseng-iseng kenapa, karena memang aku sudah pernah bahkan sering melaporkan, dan diacuhkan. Banyak juga kawan-kawan yang pernah melaporkan dan juga diacuhkan. Mungkin itu karena aku bekerja sendirian. Apalah aku bukan sekuat dan sekaya Bruce Wayne yang selalu jomlo.

Namun aku yakin, banyak dari kawan-kawan yang juga jengkel dengan adanya buku bajakan yanggg..

Untuk itu, menurutku langkah yang paling efektif untuk sementara, baik bagi pihak platform maupun pembeli, adalah dengan membuat daftar toko buku ini. Dengan harapan, kelak ada seorang sekuat dan sekaya Bruce Wayne mau menuntut, menghapuskan, atau punya solusi lain yang lebih manusia tentang penjual buku bajakan, daftar ini bisa bermanfaat.

Metodologi

Caraku dalam membuat daftar ini adalah dengan cara manual. Pertama, aku mencoba mencari buku yang terkenal, buku-bukunya Tere Liye misalnya. Kedua, aku cek harga dari masing-masing buku karena dalam mendeteksi apakah itu buku bajakan atau bukan adalah dengan melihat perbandingan harga. Ketiga, ketika harganya murah, maka aku akan membuka salah satu buku yang dijual. Tujuannya untuk melihat komentar dan penilaian. Keempat, ketika sudah ada bukti atau komentar tentang indikasi bajakan, aku akan menggolongkannya sebagai toko buku bajakan. Kelima, ini mungkin yang butuh waktu selo banget, aku akan mengulas setiap toko buku bajakan.

Sebagai catatan, meskipun mungkin dalam satu toko buku itu terdapat buku asli yang dijual, tapi tetap saja akan aku golongkan toko buku bajakan. Kenapa? Mungkin peribahasa setitik nila rusak susu sebelangga bisa menjawabnya.

Catatan lainnya, mungkin dalam toko itu ia tidak hanya menjual buku, tetap juga aku anggap sebagai toko buku bajakan.

Untuk mempermudah – dan demi kepentingan perbandingan – pelaporan, aku akan mengkategorisasikannya berdasarkan jenis lokapasarnya. Karena ada kemungkinan bahwa satu toko buku bajakan mempunyai dua atau lebih toko buku bajakan di lokapasar yang berbeda, Pustaka Jaya misalnya.

Analisis Toko Buku Bajakan di Lokapasar

Analisis yang aku gunakan sederhana. Pertama analisis internal: harga, jenis kertas, kualitas cetakan, bending, dan wrapping. Data dari itu akan didapatkan ketika melihat foto-foto yang dikirimkan oleh pembeli. Teorinya apa? Berdasarkan pengalamanku terjun di dunia cetak, jika Tuhan menghendaki, hanya dari melihat foto cetakan saja aku sudah bisa tahu apakah itu dicetak dari mesin cetak, mesin fotokopi, atau POD. Kedua, analisis eksternal: jumlah transaksi, komentar dan penilaian dari pelanggan.

Dengan dua analisis itu, aku rasa sudah cukup kuat untuk menjadi bukti valid.

Daftar Toko Buku Bajakan di Lokapasar

Berikut ini adalah link daftar toko buku bajakan di tiga lokapasar terbesar Indonesia:

  1. Toko Buku Bajakan Daring Shopee
  2. Toko Buku Bajakan Daring Bukalapak
  3. Toko Buku Bajakan Daring Tokopedia

Kesimpulan

Jumlah total buku bajakan yang sudah terjual adalah:

Perkiraan nominal transaksi buku bajakan:

Pembaruan terakhir: 22 Februari 2020.

Maghfur Munif

Aku lahir di Gresik, nomaden, pecandu kopi, arbitrer seperti bahasa, suka catur, dan kerap menulis. Cita-citaku manunggaling kawulo teks. Bisa dihubungi lewat Twitter: @punkysme atau email: punkysme@gmail.com

Join the Conversation

1 Comment

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *