Toko Buku Bajakan Daring Felia Bookstore merupakan salah satu dari 5 besar toko buku bajakan dari lokapasar Shopee dengan transaksi yang besar, menurut data yang sudah dikumpulkan. Di bulan November 2019, tercatat telah melakukan transaksi sebanyak 14 ribu lebih buku bajakan. Lalu pada awal bulan Maret, transaksinya meningkat sebanyak 24 ribu lebih.

Namun, berkat kepedulian Shopee, data-data dari toko buku ini dihapus dan berganti dengan buku-buku yang baru, yang juga bajakan. Ini terlihat dari jumlah produk dalam profil dan jumlah produk yang ditampilkan ada perbedaan yang jauh. Semoga saja, langkah menghapus data buku ini bisa menghambat laju transaksi buku bajakan. Terlihat, buku-buku bajakan yang baru diunggah belum ada pemesanan atau penilaian. Penghapusan data dari toko buku bajakan juga terjadi di beberapa toko buku bajakan Shopee.

Jika melihat lokasi pengiriman, toko buku bajakan Shopee Felia Bookstore beralamat di Kebayoran, Jakarta Selatan.

Karena data-data – komentar, foto, atau bukti-bukti – buku bajakan ini sudah dihapus, yang entah kapan dimulai, aku tidak bisa menemukan bukti lain selain dari harga buku-buku yang baru diunggah.

Deskripsi dari toko buku Felia Bookstore adalah sebagai berikut:

#ORDER SETELAH JM 12.00 DI KIRIM HARI BERIKUTNYA
#RESI AKAN UPDATE ANTARA JM 21.00 – 24.00
#HARI MINGGU / TANGGAL MERAH LIBUR PENGIRIMAN
#TIDAK MELAYANI PEMBELI YG RIBET DAN BANYAK TANYA
#BANYAK NANYA = CANCEL

Link toko: https://shopee.co.id/felia.book.store

Detil deskripsi

  1. Penilaian: 24,2RB
  2. Produk: 443 produk (buku) tapi yang bisa dilihat hanya ada 7 buku
  3. Persentase Chat Dibalas: 98%
  4. Waktu Chat Dibalas: hitungan jam
  5. Bergabung: 16 bulan lalu (Bayangkan, 16 bulan, 24,2 ribu transaksi)
  6. Pengikut: 10,4RB

Melihat harga buku yang baru dijual oleh Felia Bookstore, langsung bisa kita mungkinkan bahwa buku-buku di dalam akun ini adalah bajakan. Misalnya saja, buku Sebuah Seni Bersikap Bodoh Amat yang menjadi bestseller selama berbulan-bulan. Felia Bookstore menjual dengan harga 20 ribu saja. Sementara harga buku original buku itu adalah sekitar 60 ribu sampai 85 ribu.

Seperti gambar di atas, setiap buku yang diunggah diberi deskripsi: “Buku bacaan murah, baru dan segel, siap di order. “Kertas bookpaper.”

Untuk data lebih lengkap perkembangan buku bajakan dari lokapasar Shopee, lihat Transaksi Buku Bajakan Lokapasar Shopee.

Keterangan dan data ini diperbarui tanggal 24 Maret 2020.

Maghfur Munif

Aku lahir di Gresik, nomaden, pecandu kopi, arbitrer seperti bahasa, suka catur, dan kerap menulis. Cita-citaku manunggaling kawulo teks. Bisa dihubungi lewat Twitter: @punkysme atau email: punkysme@gmail.com

Join the Conversation

1 Comment

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *