Toko Buku Bajakan Shopee ArneliBookshop berada di urutan kelima dengan jumlah transaksi terbanyak menjual buku bajakan di lokapasar Shopee (menurut data pribadi). Seperti halnya Felia Bookstore, toko ini juga mengalami nasib naas serupa, yakni penghapusan data produk-produk.

Di bulan November 2019, toko ini telah melakukan transaksi buku bajakan sebanyak 16,3 ribu lebih. Lalu di pertengahan bulan Maret 2020, toko ini sudah melakukan transaksi sebesar 16,8 ribu transaksi. Sejak Shopee menghapus produk-produk buku bajakan di toko ini, per tanggal 24 Maret 2020, Toko Buku Bajakan Arneli Bookshop hanya mengunggah 16 produk baru. Padahal di profil tertulis tertulis jumlah produknya 795 (buku).

Karena itu, seperti halnya beberapa toko buku bajakan lain di Shopee, aku beranggapan bahwa produk-produk dari toko buku bajakan itu dihapus oleh pihak Shopee. Namun, dari pihak Arnelishop, ia mengunggah lagi buku yang bajakan untuk dijual. Pertanyaannya, apakah penghapusan produk dari toko buku bajakan ini efektif?

Untuk sementara — entah kapan mulai dihapus produk-produk itu — belum ada satupun buku bajakan yang baru diunggah dari Arneli Shop ini terjual.

Namun yang unik, produk-produk buku yang dijual di Arneli Shop sekarang ia labeli dengan ‘buku ori’. Harga bukunya pun sekarang sudah tidak 20 ribuan, melainkan 40 ribuan. Misalnya saja novel Haifa, ia jual dengan harga 60 ribu.

Aku sendiri tidak bisa memastikan, bahwa buku-buku baru yang diunggah di Arneli Shop ini benar-benar original atau bajakan. Karena dasar untuk mengidentifikasi buku bajakan adalah dari harga, cacat produk, atau komentar pembeli. Dan karena harga buku-buku baru yang diunggah adalah harga ‘normal’, lalu tidak ada foto atau bukti dari pembeli, maka aku tidak ‘sekarang’ tidak memastikan toko buku ini adalah toko buku bajakan.

Namun, jika data transaksi dan produk di bulan November 2019 di buka kembali, aku berani memastikan bahwa produk-produknya adalah bajakan. Karena, pertama dari deskripsi toko yang mengatakan “Pembeli rusuh dan kasih akan kena block.” Dan kedua, karena sulit membayangkan satu toko buku eceran, bukan yang official lho ya, yang menjual buku asli bisa menembus transaksi 16 ribu.

Sebagai gambaran, berikut deskripsi toko buku Arneli Shop:

  • Bayar sblm jam 12 dikirim dihari yg sama. Close order jam 12 siang. Waktu packing jam 14.00-18.00
  • Jadwal kirim senin-sabtu
  • JNE antar jam 21.00
  • JNT pick up jam 19.00
  • minggu libur
  • Pembeli rusuh dan kasih akan kena block.

Sementara, detil toko adalah sebagai berikut:

Penilaian: 16RB (ingat, penilaian hanya bisa dilakukan ketika selesai transaksi)
Produk: 795 (namun, dalam toko hanya ada 16 buku baru. Karena itu, aku mengatakan kalau toko ini mengalami penghapusan)
Persentase Chat Dibalas; 99%
Waktu Chat Dibalas: hitungan jam
Bergabung: 3 tahun lalu
Pengikut: 16,8RB

Pranala: https://shopee.co.id/arneli.shop

Demikian, catatanku mengenai toko buku bajakan Shopee ArneliBookshop. Untuk daftar toko buku bajakan Shopee silahkan kunjungi Transaksi Buku Bajakan Lokapasar Shopee.

Catatan ini diperbarui tanggal 24 Maret 2020.

Maghfur Munif

Aku lahir di Gresik, nomaden, pecandu kopi, arbitrer seperti bahasa, suka catur, dan kerap menulis. Cita-citaku manunggaling kawulo teks. Bisa dihubungi lewat Twitter: @punkysme atau email: punkysme@gmail.com

Join the Conversation

1 Comment

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *