Toko Buku Bajakan Shopee fikriajp – Toko Buku Bajakan Daring di Lokapasar Shopee semakin hari semakin efektif menjadi penyebar produk buku bajakan. Hal ini juga yang membuat aku semakin semangat untuk menuliskan perihal buku bajakan.

Aku sudah berulang kali melaporkan Toko Buku Bajakan Daring di lokapasar ternama ini. Baik itu via aplikasi gawai, website, twitter, bahkan call center. Tapi ya ‘mbulet’ dan PHP. Melelahkan tauuu…

Kali ini aku akan menulis Toko Buku Bajakan Shopee fikriajp.

Tentang toko buku bajakan fikriajp

Dalam halamannya, dituliskan perihal toko sebagai berikut:

  • BISA COD by J&T
  • Tak perlu ragu silakan tanyakan detail produk.
  • Klik pesanan bearti anda telah setuju dan mengerti produknya yang sudah sangat kami sesuaikan harganya.
  • Pesan=bayar no cancel
  • nilai *** maaf no respon blokir dukung kami jadi best seller.
  • Komplain by chat bukan di penilaian untuk solusi terbaik.
  • Tambahkan produk bubblewrap saat cekout, untuk paket lebih aman.

PENTING

  • Kecuali novel, WAJIB NON COD
  • Terima kasih…. kualitas harga

Deskripsi khas ‘superseller’ itu mungkin mempengaruhi pembeli buku bajakan. Buktinya, toko buku bajakan ini mempunyai pengikut 40,4 ribu pengikut dan 52,7 ribu penilaian. Meningkat drastis dalam 4 bulan, yang dulu pada bulan November 2019, jumlah pengikutnya 37,4 ribu dan penilaiannya 45,3 ribu. Wawww!

Detil Toko Buku Bajakan Shopee fikriajp

Berikut detil keterangan yang ada di fikriajp pada tanggal 23 Februari 2020:

  • Jumlah produk: 876
  • Waktu Pengemasan: Cepat (Dalam waktu 24 Jam)
  • Mengikuti: 4,6 ribu
  • Performa Chat: 100% (Hitungan Jam)
  • Pengikut: 40,4 ribu
  • Penilaian: 4,7 dari 52,7 ribu penilaian.
  • Bergabung: 3 tahun lalu.

Jika melihat alamat pengiriman, maka akan didapatkan alamat Kota Surakarta (Solo) – Pasar Kliwon, Jawa Tengah, ID. Sama dengan Ready Book Shop. Kategori produk buku bajakannya beragam dan lucu. Beberapa kategori yang ditwarkan: New Arrival, Buku latihan UN, SNPTN, TES CPNS, Buku pengetahuan anak, cerita anak, Al-Quran, Buku sepaket set, Novel Wattpad teenlit, Novel Islami, Novel Korea, Novel Sejarah Sastra, dan Novel Tereliye. Menarik bukan kategori bukunya? Boleh ditiru kok.

Bukti-Bukti Buku Bajakan

Harga Buku Bajakan

Cara termudah memudahkan untuk mengetahui buku itu buku bajakan adalah dari harga. Jika kita hargo toko buku fikriajp kita sortir, maka harga termahalnya adalah paket novel Harry Potter 1-7 dengan harga 365 ribu saja. Waw! Pada dulu aku ingat sekali, harga 150 ribu per novel. Sampai dulu aku sewa di persewaan buku. Aku cek lagi, harga normal novel Harry Potter di Gramedia sekitar 180 ribu per novel.

Dan buku yang termahal kedua, ketiga, keempat adalah buku musiman UN, SNPTN dan kawan-kawannya. Tapi sayangnya tidak laku sama sekali, hanya laku 8. Begitu juga kamus Al-Munawwir, ditulis 100% Original, dan tidak ada yang beli. Seperti yang sudah aku sebutkan di dalam metode dan analisis, meskipun toko buku tersebut menjual buku asli, namun tetap saja aku kategorikan menjadi buku bajakan.

Kok bisa? Silahkan dikira-kira sendiri.

Cacat Pada Buku

Ini banyak yang aku herankan. Banyak teman yang mengatakan sulit untuk membedakan buku bajakan dan asli di toko buku daring. Lho, bukannya ada komentar pada pembeli yang ngasih foto? Tentu ada. Dan Anda akan dengan mudah menemukan bukti kalau buku itu bajakan.

Cacat pada buku bajakan pun beragam. Mulai dari jenis kertas, jilidan, kaver, dan sebagainya. Sebagai gambaran, lihat gambar di bawah ini:

 

Foto 1 menunjukkan kualitas print dan jilidan yang buruk dari akun _febrianti sembari memberi komentar: Kecewa bgt sih ada kerusakan ga ada toleran di chat juga ga ada respon nya sama sekali, harga emang ga seberapa tapi tanggung jawab nya tolong, karena penjaul dilihat juga dari tanggung jawab nyaaa. Lain kali untuk kerusakan mohon pertanggungjawaban nyaa, saya udah sering beli disinii mohonnn atas custumer

Foto 2 menunjukkan buku yang jilidannya lemah dari akun ikkaseptianifebrina untuk produk dari fikriajp. Pelanggan memberi komentar: Baru dibaca 5 menit. Dan ternyata bukunya copoooot kalau kertasnya buram ya tidak apa2. Tapi kalo sampe copot begini. Duh

Dua foto itu hanya diambil dari produk berjudul “NOVEL FAVORIT 20.000 Wattpad – Dear J.My Angelic.Rissa.Hati Suhita.Glen.wigati.Alaska.Bego.EX.BTS” dengan harga 20.000.

Selain produk itu, iseng-iseng aku buka produk lain yang berharga 20 ribuan juga terdapat foto-foto buku yang menunjukkan kalau buku bajakan itu diprint dengan mesin fotokopi atau POD. Penjilidannya pun lemah, yang berarti jilidan menggunakan cara manual dengan lem Fox yang murah.

Selain itu, dari kover buku juga ada beberapa pelanggan yang komentar, seperti foto yang ditunjukkan akun sitaita909.

Deskripsi Produk

Deskripsi produk dari fikriajp, kebanyakan asal dan ‘kopas’. Asal maksudnya, toko itu hanya memberikan deskripsi suka-suka. Misalnya pada produk di atas:

  • Harga Berlaku untuk 1 Pc Buku @ 20.000
  • Silahkan pilih minimal 3 judul supaya bisa memilih judul, kurang darinya tidak bisa pilih judul/ ACAK penjual.
  • Tulis judul yang diinginkan tsb, pada kolom ” Tinggalkan pesan” pada saat beli sekarang/ cekout. Lihat contoh pada foto, geser ya… BUKAN DI CHAT
  • Sertakan 2 judul cadangan, fast moving stock.
  • Bila tidak ada keterangan, akan dikirm RANDOM. no complain ya.. Dear..
  • JUDUL YG DIPILIH :
  • Collection :
  • GALAKSI
  • Cruel Boy
  • (dan judul seterusnya~)

Aku cek di produk lain, misalnya produk BOOKPAPER novel Asya Story -Teluk Alaska -Bad Romance -Garis Biru -Glen Anggara – My Bego – Dear J juga sama:

  • Novel Kualitas Bookpaper
  • Silahkan klik produk,
    lalu klik keranjang,
    lalu Variasi memilih judulnya
  • Judul : Diantaranya
    1. Dua Garis Biru
    2. Mantappu Jiwa
    3. Rissa Sebuh pilihan hidup
    4. Asya Story
    5. Alaska
    6. Teluk Alaska
    7. My Bego Boyfriend
    8. Thank you Salma
    9. Bad Romance
    10. Teman Berjuang
    11. Senja & Pagi
    12. Badboy For Little Girl
    13. The Cruel Boy
    14. Sadena & Sandra
    15. My Badboy Friend
    16. Eunstein
    17. True Stalker
    18. Shea
    19. Kala
    20. Amorfati
  • Untuk Judul yang lain bisa tanyakan by Chat ya…

Dengan deskripsi seperti itu, ‘wajar-dan-normal’-nya, calon pembeli harusnya sudah tahu kalau buku itu bukan buku yang asli dan toko bukunya juga toko buku bajakan. Normalnya dan wajarnya toko buku asli akan memberikan keterangan lengkap pada masing-masing buku. Minimal memberikan blurb buku, penerbit buku, ISBN, atau keterangan lain.

Dari sini, pikiran kotorku pun muncul. Bahwa buku, telah menjadi barang mirip ‘beha’ yang dijual dipinggiran pasar malam. Bentuk, ukuran, atau warna apapun, yang penting harganya 20ribu. Nett! Gratis Ongkir!

Selingan Humor Komentar Pembeli Buku Bajakan

Ada banyak sekali komentar pada setiap produk. Ini wajar. Karena setiap pembeli berhak untuk memberikan penilaian dan komentar. Dan karena transaksinya telah lebih dari 52,7 ribu, aku kiranya tidak ada gunanya mencatat itu semua.

Mungkin yang akan berguna adalah komentar bagus (dengan bintang 5) dan komentar buruk (bintang 1)

Komentar Positif Buku Bajakan Shopee

Untuk yang komentar dengan bintang lima:

maulida.luthfina
Sesuai pesanan, packing aman meski tanpa bubble wrap. Dah sua kali beli disini bisa buat langganan.
2020-02-16 01:09

erikacahyawindiani
selalu langganan, terimakasih bukunya
2020-02-16 12:23

naomiiiiaa
bagus banget, pengemasan cepet banget beli hari kamis jam 10 tf jam 5 udah di kirim trus baru sampe. gila suka banget, makasih banyak ka pesanannya semua ada lagi makin puas
2020-02-22 10:17

Komentar Negatif Buku Bajakan Shopee

Komentar Negatif dari pembeli atau dengan bintang 1 jumlahnya sedikit. Ini mengindikasikan bahwa banyak pembeli buku bajakan yang puas dengan buku bajakan yang dia beli. Namun ada satu komentar negatif yang dibalas oleh penjual:

Melihat komentar di atas saya jadi tertawa terbahak-bahak. Mereka yang memberi komentar negatif adalah mereka yang tidak beruntung (Hahaha). Ia mendapat buku bajakan yang rusak dan bahkan tidak layak baca. Sudah tidak beruntung, diketawain pula.

Kesimpulan

Setelah aku lihat-lihat, saya menyimpulkan beberapa hal:

  • Toko Buku Bajakan Daring fikriajp adalah Toko Buku Bajakan. Terbukti dari Harga, Deskripsi, dan tanda cacat. Meskipun ada beberapa buku yang dijual adalah asli (Tapi rapayu… haha)
  • Setelah saya lihat-lihat, secara garis beras, jumlah komentar negatif cenderung lebih sedikit dibanding komentar negatif. Karena itu, bisa saya katakan, masyarakat masih gemar dan menyukai buku bajakan.
  • Mereka yang memberikan komentar positif adalah mereka yang beruntung. Sementara yang memberikan komentar negatif, mereka orang tidak tahu syukur. Kalau tidak berarti ya orang bento.
  • Demikian, ulasan saya mengenai Toko Buku Bajakan Dari fikriajp dari lokapasar ternama kita Shopee. Dengan harapan, ada yang membantu untuk melaporkan masalah ini ke pihak terkait (entah siapa).

Note: Tulisan ini diperbarui tanggal 23 Februari 2020.

Maghfur Munif

Aku lahir di Gresik, nomaden, pecandu kopi, arbitrer seperti bahasa, suka catur, dan kerap menulis. Cita-citaku manunggaling kawulo teks. Bisa dihubungi lewat Twitter: @punkysme atau email: punkysme@gmail.com

Join the Conversation

1 Comment

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *