Toko Buku Bajakan Shopee JJ Bookstore – Toko Buku Bajakan Online di Lokapasar Shopee semakin hari semakin marak. Seolah lokapasar yang berdaya guna positif itu berubah berdaya guna negatif menjadi penyebar produk buku bajakan. Semakin hari semakin banyak transaksi, dan berarti semakin banyak orang melanggar hak cipta.

Sejak november lalu, aku sudah berulang kali melaporkan beberapa toko buku bajakan di lokapasar Shopee. Baik itu via aplikasi gawai, website, twitter, bahkan call center. Tapi ya ‘mbulet’ dan PHP. Jawabannya hanya sekedar formalitas belaka.

Kali ini aku akan menulis Toko Buku Bajakan Shopee JJ Bookstrore.

Tentang Toko Buku Bajakan Shopee JJ Bookstore

Tak sedetil toko buku bajakan fikriajp, toko buku bajakan JJ Bookstore hanya menulis perihal tokonya sebagai berikut: Selamat Datang ke Toko Saya!

Sederhana sekali.

Tidak ada aturan perihal pengiriman, keterangan detil produk, peraturan penilaian minimal bintang tiga, komplain, dan sebagainya.

Namun, di balik deskripsi toko yang sederhana itu, toko ini telah mengalami peningkatan transaksi buku bajakan yang begitu drastis selama 4 bulan lalu.

Bulan November 2019, aku mencatat toko ini telah melakukan transaksi sebanyak 49,3 ribu (berdasarkan dari banyaknya penilaian). Namun, sekarang (24 Februari 2020), toko ini telah mendapatkan penilaian sebanyak 91,3 ribu penilaian, yang berarti 91.3 ribu transaksi telah diselesaikan.

Tak hanya jumlah transaksi, jumlah pengikut akun toko buku bajakan JJ Bookstore ini juga meningkat hingga puluhan ribu, dari 34,8 ribu, kini menjadi 54,8 ribu pengikut. Tidak usah heran ya.

Detil Toko Buku Bajakan Shopee JJ Bookstore

Berikut detil keterangan yang ada di JJ Bookstore pada tanggal 24 Februari 2020:

  • Jumlah produk: 467
  • Waktu Pengemasan: Cepat (Dalam waktu 24 Jam)
  • Mengikuti: 1
  • Performa Chat: 100% (Hitungan Jam)
  • Pengikut: 54,8 ribu
  • Penilaian: 4,7 dari 91,3 ribu penilaian.
  • Bergabung: 32 bulan lalu.

Jika melihat alamat pengiriman, maka akan didapatkan alamat Kota Surakarta (Solo) – Pasar Kliwon, Jawa Tengah, ID. Kategori produk buku bajakannya beragam. Mulai dari novel dan sastra, sosial politik, pengembangan diri dan karir, ilmu pengetahuan, Agama dan Filsafat, Kedokteran, Buku anak dan buku Bisnis dan investasi. Bahasa atau kamus, digabung dalam kategori pengetahuan.

Bukti-Bukti Buku Bajakan

Harga Buku Bajakan di Toko Buku Bajakan Shopee JJ Bookstore

Cara termudah memudahkan untuk mengetahui buku itu buku bajakan adalah dari harga. Jika harga toko buku JJ Bookstore kita sortir, maka harga termahalnya sekarang  adalah Paket 6 Novel Sibel Eraslan – KHADIJAH – FATIMAH – AISYAH – MARYAM – HAJAR – ASIYAH. Di bulan November 2019, paket termahalnya adalah paket kamus legendaris duo Hasan Shadily & John Echols Indonesia-Inggris dan Inggris-Indonesia yang dijual hanya 80 ribu per kamus. Pada dulu saya ingat sekali, harga 100 ribu per kamus. Itu pun diskon. Jika merujuk pada harga di Gramedia, harga untuk cetakan ketiga kamus Indonesia Inggris SAJA 178 ribu.

Jika kita amati, 8 produk termahal dari 467 produk yang kesemuanya buku bajakan, merupakan buku-buku (novel) populer. Dan harga termahalnya adalah 123.500 rupiah untuk 6 novel. Jika dirata-rata maka perbukunya 20 ribu, dengan bonus keuntungan 3.500. Paket 6 Novel itu sendiri sudah laku 767 kali. Jika dikalikan, 3.500×767 maka ketemu hasil 2.684.500. Keuntungan satu produk. Perhitungan kasarnya, satu produk saja untungnya 2jutaan lebih. Apalagi 467 produk digabung.

Cacat Pada Buku

Ini banyak yang aku herankan. Banyak teman yang mengatakan sulit untuk membedakan buku bajakan dan asli di toko buku daring. Lho, bukannya ada komentar pada pembeli yang ngasih foto? Tentu ada. Dan kamu akan dengan mudah menemukan bukti kalau buku itu bajakan.

Cacat pada buku bajakan pun beragam. Mulai dari jenis kertas, jilidan, kaver, dan sebagainya. Sebagai gambaran, lihat gambar di bawah ini:

Foto 1 menunjukkan kualitas jilidan yang buruk dari akun naracell sembari memberi komentar singkat “belah”.

Foto 2 menunjukkan buku yang jilidannya lemah dan beberapa halaman dari buku hilang dari akun innaputrirosmardi untuk produk dari JJ Bookstore. Ia memberi komentar: Bukunya blm dibaca. Tp lama barangnya sampai krna kendala dipengiriman.. Kecewa sama isinya. Tulisannya gak jelas ditambah dlm buku fatimah ngak ada hal 15,16 lngsung 17. Kecewa bgt..

Dua foto itu hanya diambil dari produk termahal Paket 6 Novel Sibel Eraslan – KHADIJAH – FATIMAH – AISYAH – MARYAM – HAJAR – ASIYAH dengan harga 123.500.

Selain produk itu, iseng-iseng aku buka produk lain yang menjadi produk terlaris, dengan total produk terjual 2,6 ribu kali berjudul “Novel Serba 20.000 WATTPAD TERE LIYE,Teluk Alaska,Mariposa,Hati suhita, Galaksi, Dear Allah, Stalkeryang” berharga 20 ribuan juga terdapat foto-foto buku yang menunjukkan kalau buku bajakan itu diprint dengan mesin fotokopi atau POD. Penjilidannya pun lemah, yang berarti jilidan menggunakan cara manual dengan lem Fox yang murah.

Selain itu, kekacaaun halaman yang ada juga bisa menjadi bukti kalau buku itu bajakan. Seperti komentar yang dilontarkan oleh haisyah127 dalam produk itu: Saya tidak pesan ”Eufloria BTS”. Halamannya kacau parah, sepertinya tidak bisa dibaca. Maaf saya kecewa. Tapi, packing, respon, dan pengirimannya cepat. Terimakasih 🙂

Unik kan? Sudah tahu dapat buku bajakan, halamannya kebolak-balik, kacau, tidak bisa dibaca, tapi masih berterima kasih.

Deskripsi Produk

Deskripsi produk dari JJ Bookstore, kebanyakan hanya memberikan daftar buku yang dia bajak sembari sedikit memberi keterangan asal-asalan. Misalnya pada produk Paket 6 Novel Sibel Eraslan – KHADIJAH – FATIMAH – AISYAH – MARYAM – HAJAR – ASIYAH:

Lengkap 6 Novelnya Sibel Eraslan
– FATIMAH AZ ZAHRA
– KHADIJAH
– AISYAH
– MARYAM
– ASIYAH
– HAJAR
KERTAS BOOKPAPER SEMUA YA ….

Atau mungkin di produk terlaris, “Novel Serba 20.000 WATTPAD TERE LIYE,Teluk Alaska,Mariposa,Hati suhita, Galaksi, Dear Allah, Stalkeryang” Toko Buku Bajakan Shopee JJ Bookstore memberi keterangan:

Harga perbuku 20rbu.
Mininmal order 3BUKU BEBAS PILIH.
ORDER DI BAWAH 3 DIKIRIM RANDOM NO PROTES NO KOMPLAIN.
Cantumkan juga judul alternatif,jika pesanan yang Utama kosong. BARU diganti dengan Cadangan.. tanpa cantukam alternatif dikirim random no komplain.
Buku-buku Yang tersedia :

1.Novel Karya Tere Liye
2.Novel Karya Asma Nadya
3.Novel Karya WulanFadi, dst sampai ada hampir seratus daftar buku yang dia bajak.

Dengan deskripsi seperti itu, ‘wajar-dan-normal’-nya, calon pembeli harusnya sudah tahu kalau buku itu bukan buku yang asli dan toko bukunya juga toko buku bajakan. Normalnya dan wajarnya toko buku asli akan memberikan keterangan lengkap pada masing-masing buku. Minimal memberikan blurb buku, penerbit buku, ISBN, atau keterangan lain.

Sekali lagi, pikiran kotorku pun muncul. Bahwa buku, telah menjadi barang mirip ‘beha’ yang dijual dipinggiran pasar malam. Bentuk, ukuran, atau warna apapun, yang penting harganya 20ribu. Nett! Gratis Ongkir!

Komentar Pembeli Buku Bajakan

Ada banyak sekali komentar pada setiap produk. Ini wajar. Karena setiap pembeli berhak untuk memberikan penilaian dan komentar. Dan karena transaksinya, jika ditotal dipecah perpaket, akan menembus angka ratusan ribu buku bajakan, aku kiranya tidak ada gunanya mencatat itu semua.

Mungkin yang akan berguna adalah komentar bagus (dengan bintang 5) dan komentar buruk (bintang 1)

Komentar Positif Buku Bajakan Shopee

Untuk yang komentar dengan bintang lima:

miladianur27

Barakallah paketannya sudah dateng uwuw,bagus banget novelnya,hari ini bayar besok langsung dikirim,pengemasan rapi,mantull deh.Sebenernya kurng 1 novel,total 28 novel yg dikrim 27 novel.Tapi Alhamdulillah tokonya mau ganti dinext order Jujur,amanah insya Allah berkah kak. Selalu langganan disini
2020-02-24 07:20
Jtatuaitsudraidtsitsutahtahksmvvndhfkyajydjyatjuajtdumatjfliaykdjxcgncjxhtarhzulsy aule dajtdmhNgxcgxglchnvmhskufluslifjttcjxckhgklHtfkyaufukaulfjtJytlisjyjxkcnhvjt
2020-02-21 14:40

fbryamlia

Bagus recommended pokoknya Bagus recommended pokoknya Bagus recommended pokoknya Bagus recommended pokoknya Bagus recommended pokoknya Bagus recommended pokoknya

Komentar Negatif Buku Bajakan Shopee

Komentar Negatif dari pembeli atau dengan bintang 1 jumlahnya sedikit. Ini mengindikasikan bahwa banyak pembeli buku bajakan yang puas dengan buku bajakan yang dia beli. Indikasi lho ya. Di samping itu juga, kebanyakan mereka yang memberi komentar negatif karena kecewa terkait buku yang dikirimkan, bukan tentang buku bajakan.

intanoktoberaini28

Barang kurang,dichat nggk direspon,nggk usah beli disini,daripada kalian yang rugi
2020-02-16 13:28

lailaa1998

Kenapa harus mariposa ya…. Minta nya novel terbaru… Kalo mariposa udah novel jadull
2020-02-04 14:11

050604dewi

Hmmm… Maaf ya kak gak sesuai soalnya sama yang aku pesen tapi gpp lah
2020-01-12 18:10

Dari situ terlihat bahwa kebanyakan pembeli buku bajakan terlihat puas dengan proses transaksi buku bajakan yang sudah mereka lakukan.

Kesimpulan

Setelah aku lihat-lihat, saya menyimpulkan beberapa hal:

  • Toko Buku Bajakan Daring JJ Bookstore adalah Toko Buku Bajakan. Semua buku yang dijual adalah buku bajakan. Terbukti dari Harga, Deskripsi, dan adanya cacat pada buku.
  • Setelah aku lihat-lihat, secara garis beras, jumlah komentar negatif cenderung lebih sedikit dibanding komentar positif. Karena itu, bisa saya katakan, masyarakat puas dengan transaksi jual-beli buku bajakan.
  • Mereka yang memberikan komentar positif adalah mereka yang beruntung. Sementara yang memberikan komentar negatif, mereka orang tidak beruntung karena mendapat buku yang tidak dia inginkan, BUKAN karena buku yang dia terima adalah bajakan.

Demikian, ulasan singkatku mengenai Toko Buku Bajakan JJ Bookstore dari lokapasar ternama kita Shopee. Dengan harapan, ada yang membantu untuk melaporkan masalah ini ke pihak terkait (entah siapa).

Note:

Tulisan ini diperbarui tanggal 24 Februari 2020.

Untuk melihat daftar buku bajakan lain di Shopee silahkan lihat di Daftar Toko Buku Bajakan Shopee.

Maghfur Munif

Aku lahir di Gresik, nomaden, pecandu kopi, arbitrer seperti bahasa, suka catur, dan kerap menulis. Cita-citaku manunggaling kawulo teks. Bisa dihubungi lewat Twitter: @punkysme atau email: punkysme@gmail.com

Join the Conversation

No comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *