Toko Buku Bajakan Sinagaardie89 ini merupakan toko buku bajakan di lokapasar Shopee. Pada pertengahan bulan Maret 2020, toko ini sudah melakukan transaksi buku bajakan 15,8 ribu transaksi. Sebelumnya, November 2019, toko buku bajakan ini melakukan transaksi buku bajakan sebanyak 8,600 buku.

Di awal Maret 2020, ketika aku mulai kembali iseng-iseng mencatat buku bajakan di Shopee, ada sebuah kejutan besar: Pihak Shopee melakukan aksi penghapusan produk-produk di beberapa toko buku bajakan yang sebelumnya sudah aku catat. Bahkan toko buku JJ Bookstore yang sudah melakukan ratusan ribu transaksi buku bajakan, telah diblok oleh pihak Shopee.

Sama seperti toko buku Arneli Bookshop, Felia Bookstore dan yang lain, toko buku ini datanya banyak yang hilang. Yang dimaksud data hilang adalah, jumlah produk di deskripsi toko, dengan jumlah produk yang ditampilkan di toko berbeda.

Dalam deksripsi disebutkan, jumlah produk 433, namun yang ditampilkan hanya ada 16 buku, 3 yang aktif (ini juga bajakan, jika melihat harga) dan 13 buku kategori habis (yang tentunya bajakan jika melihat harga).

Setelah aku telusuri, ada satu komentar yang tersisa dari pembeli yang menyebut salah satu buku di toko ini adalah bajakan, yaitu dari akun nadhif_firdausi. Ia berkomentar: “Cuma penasaran kalau buku nggak ori cetakannya kaya apa, sekali buat pengalaman kedepannya. Tpi ya utk baca2 ya gpp.”

Di samping itu, deskripsi buku yang baru diunggah oleh Sinagaardie89 juga mengindikasikan buku-bukunya bajakan. Misalnya seperti buku Novel Serba Bookpaper dengan harga 22 ribu. Di deskripsi buku ditulis:

  1. Novel-novel Bestseller dan wattpad dengan kualitas isi kertas BOOKPAPER,Harga @22.500 dengan syarat minimal beli 3 buku.
    Cara Order :
  2. Klik beli,pilih jumlah buku yang mau di beli dan tulis judulnya di kolom “Tinggalkan pesan/catatan ” yang tersedia saat checkout.
    Berat 1 buku rata” 350gr, 1kg muat 3 buku,untuk efektivitas ONGKIR biar tidak mubazir,disarankan beli 3 buku dan atau kelipatannya.
  3. List Buku :
    – Mariposa
    – The Jerk Wants me
    – EL
    – NoCeur
    – KATA
    – GEEZ AND ANN
    – GEEZ AND ANN
    – DEAR ALLOH
    – GALAKSI.
  4. Dan puluhan judul lainnya.

Jadi bisa disimpulkan, toko buku ini adalah toko buku bajakan karena harga, deskripsi buku dan komentar dari pembeli. Untuk cacat pada buku tidak bisa ditemukan karena data produk, dan penilaian pembeli sudah dihapus pihak Shopee.

Berikut deskripsi toko buku bajakan Sinagaardie89:

Pusatnya buku dan novel termurah dan Berkualitas.Melayani ecer dan grosir.
Dalam rangka meningkatkan kualitas dan demi kepuasan customer , 90% dari buku yang kami jual menggunakan kertas isi Bookpaper.. Happy Shoping..!!
Pengiriman pesanan :
– JnT:
Setiap Hari : Pk.23:00
(order yang masuk sebelum Pk.22:30 akan di kirim hari yg sama).**
– JNE cashless /JNE TRUCKING
Setiap Hari : Pk.21:00
nb :
JNE TRUCKING KHUSUS PEMBELIAN GROSIR MINIMAL 10KG

Detil toko buku:

  • Penilaian: 15,8RB (jika melihat data terbaru dan penilaian dari produk yang baru diunggah, hanya ada sekitar 40 penilaian)
  • Produk: 433
  • Persentase Chat Dibalas: 98%
  • Waktu Chat Dibalas: hitungan jam
  • Bergabung: 3 tahun lalu
  • Pengikut: 16,8RB

Pranala toko buku: https://shopee.co.id/sinagaardie89

Demikian sedikit catatan terkait toko buku Sinagaardie89. Untuk melihat toko buku bajakan lain di Shopee silahkan lihat Transaksi Buku Bajakan Lokapasar Shopee.

Catatan ini diperbarui tanggal 24 Maret 2020.

Maghfur Munif

Aku lahir di Gresik, nomaden, pecandu kopi, arbitrer seperti bahasa, suka catur, dan kerap menulis. Cita-citaku manunggaling kawulo teks. Bisa dihubungi lewat Twitter: @punkysme atau email: punkysme@gmail.com

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *