4 Rekomendasi Buku Bacaan Di Tengah Pandemi Virus Korona – Di saat pandemi virus korona sedang berlangsung secara global. Orang-orang menghadapinya dengan beragam cara. Salah satu cara terbaik adalah mengkarantina diri dan melakukan pembatasan sosial di rumah. Banyak orang yang mulai melakukan itu. Mereka berdiam diri di rumah, sebagai upaya pencegahan.

Lalu selama di dalam rumah, menurutku, cara terbaik untuk mengisi waktu adalah dengan membaca dan menulis. Oleh karena itu, di sini aku akan memberikan beberapa rekomendasi buku bacaan di tengah pandemi virus korona.

Love In The Time Of Colera

Buku ini merupakan karangan Gabriel Garcia Marquez. Tema dari cerita ini adalah romantisme. Ceritanya sungguh menggugah. Florentino sangat mencintai Fermina Daza. Tapi Fermina menolak Florentino dan menikah dengan Juvenal Urbino. Sejak saat itu, Florentino jatuh dalam pelukan banyak wanita meskipun cintanya tetap hanya untuk Fermin. Lalu suatu saat, Urbino meninggal. Dan Florentino ingin menyatakan cintanya kembali kepada Fermina.

Sampar

Sampar adalah novel terjemahan dari Albert Camus. Naskah ini diterbitkan oleh Yayasan Obor dan satu lagi oleh terbitan Mata Angin. Keduanya sudah mulai langkah. Untuk yang terbitan Obor, diterjemahkan oleh N.H. Dini (semoga diberkati Tuhan di sana). Novel ini sangat menarik untuk dibaca di saat ini. Ada beberapa kemiripan kisah dalam novel Sampar dengan situasi pandemi virus korona. Diceritakan, suatu wilayah tiba-tiba terkena virus dari tikus, lalu wilayah itu dikarantina. Kehidupan di dalam wilayah karantina itulah isi dari novel ini. Di situ diceritakan bagaimana peran politikus, dokter, warga, dan orang-orang yang berjuang melawan epidemi sampar.

Amba

Novel ini termasuk favoritku. Ditulis oleh Laksmi Pamuntjak. Ceritanya adalah cerita romantis:perjuangan seorang wanita, Amba, mencari lelaki yang telah memberinya buah hati, Bhisma. Amba adalah seorang warga lokal, sementara Bhisma adalah dokter lulusan Jerman. Bhisma ditangkap sebagai tahanan politik di pulau Buru. Dan setelah tidak menjadi tahanan politik, Bhisma tetap tak kembali padanya. Cerita novel penuh dengan ironi, percintaan.

Seri Dan Brown

Buku-buku Dan Brown akan sangat seru jika dibaca saat ini. Hal itu karena novel-novel Dan Brown banyak berisi tentang konspirasi-konspirasi dunia. Yang paling cocok mungkin Angels and Demon. Mungkin kawan-kawan sudah pernah menonton filmnya. Tapi akan lebih seru untuk membaca bukunya. Lagi pula, membaca buku tebal di tengah pandemi virus korona adalah hal yang positif bagi psikologi kita. Selain Angels and Demon, The Da Vinci Code, Lost Symbol, dan yang terbaru Origin, sangat cocok dibaca saat ini.

Demikian 4 Rekomendasi Buku Bacaan Di Tengah Pandemi Virus Korona yang tentu sifatnya subjektif menurut pribadi. Yang paling penting, tetap tenang di tengah pandemi virus korona ini.

Maghfur Munif

Aku lahir di Gresik, nomaden, pecandu kopi, arbitrer seperti bahasa, suka catur, dan kerap menulis. Cita-citaku manunggaling kawulo teks. Bisa dihubungi lewat Twitter: @punkysme atau email: punkysme@gmail.com

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *