Kebijakan Privasi adalah ketentuan dan batasan hukum terhadap pengguna atau pemirsa situs kataloka.org. Dengan demikian, jika Anda mengakses situs kataloka.org, maka Anda dianggap telah menyetujui kebijakan privasi ini.

Situs kataloka.org sendiri merupakan situs resmi dari Organisasi Kataloka. Kebijakan privasi ini tidak berlaku pada subdomain kataloka.org lainnya: narasi, warta, dan gerai. Hal ini dikarenakan kepentingan masing-masing situs berbeda.

Kebijakan privasi dari situs kataloka.org bisa berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Setiap kali kami mengganti kebijakan privasi tersebut akan kami sebutkan tanggal perubahan terakhirnya. Dan kebijakan privasi yang dicantuman dalam halaman ini adalah kebijakan privasi yang berlaku.

Kebijakan Privasi dari situs kataloka.org adalah sebagai berikut:

1. Penggunaan Situs
Situs ini dimiliki dan dikelola oleh Organisasi Kataloka. Pengguna atau pemirsa tertentu dapat kami hentikan aksesnya pada situs ini sewaktu-waktu tanpa adanya penjelasan atau pemberitahuan. Kami juga berhak untuk menutup situs ini sewaktu-waktu tanpa ada kewajiban untuk memberitahukan kepada Anda sehingga Anda tidak bisa mengakses situs ini lagi.

2. Hak Cipta Isi Situs
Sebagai pengguna, Anda berhak menggunakan situs ini sebagai sumber bacaan sewajarnya sejauh tidak melanggar hukum dan kode etik yang tertera dalam Pedoman Media Siber. Dengan demikian, jika Anda menggunakan situs ini, Anda berkewajiban mematuhi hukum dan kode etik yang berlaku di Indonesia.

3. Hak cipta setiap karya yang dimuat di situs kataloka.org (terkecuali rubrik Info Buku yang merupakan rubrik khusus) dimiliki oleh masing-masing penulis atau kontributor. Penulis atau kontributor akan disebutkan pada akhir tulisan. Kataloka hanya memiliki hak menayangkan karya tersebut.

4. Penggunaan Isi Situs
Tentang penggunaan isi dalam situs ini baik untuk dikutip atau dibagikan mengikuti kalimat penyangkalan atau disclaimer situs ini (Sila baca: Kalimat Penyangkalan Kataloka).

5. Reproduksi Isi Situs
Jika anda ingin mempublikasikan-ulang, meredistribusi, atau mengeksploitasi isi situs ini dengan cara tertentu untuk keperluan komersil, anda wajib meminta izin tertulis terlebih dulu ke Kataloka melalui surat elektronik admin@kataloka.org dengan subjek surat (REPRODUKSI).

6. Konten dalam Info Buku
Konten dalam Info Buku merupakan rubrik khusus yang dikelola oleh Kataloka untuk mempromosikan buku-buku yang dikelola oleh Gerai Kataloka. Anda juga dapat mempromosikan buku Anda di sini melalui admin@kataloka.org dengan subjek “INFO BUKU”

7. Kewajiban Pengunjung
Dilarang untuk memuat atau meneruskan melalui situs Narasi Kataloka materi atau hal lainnya yang:

1. Menyinggung, memicu pertentangan dan atau permusuhan antar Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan (SARA);

2. Melanggar hukum, mengancam, menghina, melecehkan, memfitnah, mencemarkan, memperdaya, mencurangi; dan

3. Menyebarkan file atau program yang mengandung virus atau kode komputer lainnya atau file atau program yang merusak, mengganggu, atau membatasi fungsi dari perangkat lunak atau perangkat keras komputer atau peralatan komunikasi, atau memperbolehkan penggunaan komputer atau jaringan komputer yang tidak sah.

8. Kewajiban Member (Kontributor)
Dalam penggunaan situs Kataloka. Anda setuju untuk:

1. Memberikan informasi yang akurat, baru dan lengkap tentang diri Anda saat mengirimkan karyanya;

2. Bertanggung jawab penuh atas karyanya jika kelak ada sesuatu yang bermasalah.

3. Menerima seluruh risiko dari akses ilegal dan tidak bertanggung jawab yang di luar kemampuan Organisasi Kataloka;

4. Anda tidak diperbolehkan menggunakan situs Kataloka dalam kondisi atau cara apapun yang dapat merusak, melumpuhkan, membebani atau mengganggu server atau jaringan Situs Kataloka. Anda juga tidak diperbolehkan untuk mengakses layanan, user accounts, sistem komputer atau jaringan secara tidak sah, dengan cara hacking, password mining atau cara lainnya.

5. Kami akan bekerjasama secara penuh dengan setiap pejabat penegak hukum atau perintah pengadilan yang meminta atau mengarahkan Kami untuk mengungkapkan identitas dari siapapun yang memuati materi atau informasi seperti tersebut di atas.

9. User Generated Content (UGC)
Jika Anda memasukkan suatu materi ke dalam isi ini (teks berupa posting maupun komentar, grafik, foto, gambar, video, atau audio) dengan demikian anda telah setuju untuk memberikan hak atau lisensi, sub-lisensi, bebas royalti, non-ekslusif, dan hak untuk mengubah materi ini kepada Kataloka. Artinya Kataloka berhak untuk menggunakan, mereproduksi, memodifikasi, mengadaptasi, mempublikasi, menerjemahkan, maupun menciptakan karya baru dari materi yang anda masukan, termasuk mendistribusikan, menampilkan, memunculkan materi tersebut dengan ketentuan hak cipta dan hak publikasi yang ada di Kataloka.

10. Kontribusi
Dengan memasukkan kontribusi anda ke dalam situs ini, anda memberikan jaminan bahwa kontribusi tersebut merupakan karya asli anda dan menjamin bahwa kontribusi anda tersebut tidak merusak atau menyerang pihak tertentu, dan tidak melanggar hukum atau hak pribadi seseorang di wilayah hukum mana pun. Anda menerima bahwa bila ada bentuk-bentuk pelanggaran hukum atau hal yang merusak dan menyerang pihak tertentu di dalam materi anda, yang mungkin merugikan atau merusak nama baik Kataloka, maka anda akan memberi ganti atas kerugian maupun biaya hukum, dan biaya-biaya lain yang terjadi dan dialami oleh Narasi Kataloka akibat kontribusi Anda.

11. Tautan ke Situs Pihak Ketiga
Situs ini mengandung tautan ke situs lain yang dikelola oleh pihak Organisasi Kataloka maupun pihak lain yang sepenuhnya tidak terkait dengan Organisasi Kataloka. Tautan-tautan tersebut digunakan untuk kemudahan dan referensi Anda saja dan Anda dapat mengaksesnya dengan risiko ditanggung oleh Anda sendiri.

Organisasi Kataloka tidak dapat dimintai pertanggungjawaban atas klaim, kerugian, cedera, denda, kerusakan, biaya, atau pengeluaran yang timbul akibat pemanfaatan, atau ketidakmampuan untuk memanfaatkan sebagian atau seluruh isi situs kami, atau pengabaian suatu tindakan yang seharusnya diambil, sebagai hasil dari penggunaan konten.

12. Perubahan Kebijakan Privasi
Organisasi Kataloka berhak untuk melakukan perubahan terhadap setiap bagian dari situs ini dan menambahkan atau mengurangi Ketentuan Penggunaan dan Kebijakan Privasi dalam situs ini, dan setiap perubahan yang terjadi dengan segera diberlakukan begitu dimuat.

13. Hukum Indonesia
Dengan mengakses situs ini Anda setuju untuk menerima bahwa Ketentuan ini diatur dan dibuat sesuai dengan hukum yang berlaku di Indonesia. Anda juga menerima yurisdiksi eksklusif Pengadilan Indonesia untuk menangani sengketa yang mungkin terjadi terkait dengan Ketentuan ini maupun penggunaan Anda terhadap situs ini atau akibat yang timbul dari muatan informasi yang ada di dalamnya.

Kebijakan Privasi ini berlaku mulai Sabtu, 30 Januari 2020

Admin Kataloka

Yogyakarta, 30 Januari 2020