6 Alasan Bukumu Membutuhkan Blog – Jutaan buku yang diterbitkan secara sendiri atau mandiri (self-publishing) sendiri dirilis setiap tahun. Jadi, bagaimana caranya agar bukumu bisa mendapat tempat di antara jutaan buku tersebut?

Salah satu jawabannya adalah, dengan meluaskan pasar buku kamu. Karena itu, kamu perlu rencana pemasaran buku yang menjangkau di luar lingkaran teman dan keluarga terdekat kamu.

Dan tidak ada rencana pemasaran yang lengkap, luas dan padat selain melalui blog atau website. Sebuah blog atau website dapat membantu calon pembaca menemukan bukumu, membangun buzz tentang bukumu, dan memungkinkan kamu bisa terhubung dengan pembaca bukumu.

Berikut beberapa alasan kenapa bukumu perlu Blog atau Website.

Mendorong Penyebaran dan Penjualan

Sebuah blog menyediakan fitur berbagi (atau share) untuk menemukan kamu dan bukumu. Misalnya begini, kamu menjual bukumu di lokapasar, kamu bisa menautkannya dengan blog bukumu. Kamu juga akan dipermudah jika kamu mempunyai media sosial. Dengan begitu siapa pun yang membaca konten dan posting kamu akan memiliki tautan cepat langsung ke bukumu.

Membantu Pembaca Menemukan Kamu

Blog yang dioptimalkan diisi dengan konten yang menarik akan membantu siapa pun yang tertarik dengan genre atau bidang kamu dan membantu mereka menemukan kamu (dan buku kamu!) dengan lebih cepat. Dapatkan posting kamu ke atas pencarian mereka dengan memasukkan kata kunci yang relevan, beri judul, dan meta-description terfokus. Akan lebih baik juga jika kamu ketika membuat konten di blog atau website kamu, kamu bisa mempraktekkan strategi penulisuran SEO.

Membangun Milis

Dorong pengunjung ke blog kamu untuk berlangganan milis kamu dan kamu akan memiliki pemirsa yang siap pakai dan terlibat ketika buku kamu mulai mendapat tempat. Kamu juga dapat mengirim buletin bulanan atau dua mingguan untuk memastikan bahwa orang-orang yang tertarik pada kamu dan konten kamu menerima pembaruan kamu.

Membangun Buzz

Jika digunakan secara efektif, blog kamu dapat membuat orang membicarakan buku kamu bahkan sebelum mulai dijual. Puaskan minat pengikut kamu dengan pergi ke belakang layar — mendokumentasikan proses pembuatan buku kamu sendiri. Menjelang rilis buku kamu, posting tentang kontes, liputan terbuka, dan menyelinap adalah cara-cara blog kamu dapat membantu memastikan peluncuran yang sukses.

Membangun Kredensial

Blog kamu harus lebih dari buku kamu. Dengan membuat blog tentang proyek-proyek kreatif kamu yang lain, cara kamu bekerja, inspirasi kamu, profesional kreatif lain yang kamu kagumi, dan banyak lagi, kamu akan membangun brand penulis yang kredibel yang dapat dihubungkan dengan audiens kamu di tingkat pribadi. Dan itu adalah cara pasti untuk mengamankan penjualan.

Go To Internasional

Memulai sebuah blog membuka seluruh dunia baru peluang jaringan untuk meningkatkan profil penulis dan penjualan kamu. Kamu dapat terhubung dengan blogger lain yang relevan dan menawarkan untuk menulis posting tamu untuk mereka — pengikut mereka bisa segera ada di milis kamu. Atau undang mereka untuk mengulas dan menulis blog tentang buku kamu. Hanya dengan mengomentari dan berbagi konten relevan lainnya, kamu akan membantu menjadikan diri kamu sebagai penulis untuk menonton dan membuat pelanggan menghampiri kamu.

Itulah 6 Alasan Bukumu Membutuhkan Blog. Jadi blog atau website adalah alat yang berharga untuk penerbit mandiri (self-publishing) atau penerbit indie. Tetapi cara ini hanyalah salah satu dari banyak cara kamu dapat mempromosikan bukumu.

Sumber gambar: Pankaj Patel

Maghfur Munif

Aku lahir di Gresik, nomaden, pecandu kopi, arbitrer seperti bahasa, suka catur, dan kerap menulis. Cita-citaku manunggaling kawulo teks. Bisa dihubungi lewat Twitter: @punkysme atau email: punkysme@gmail.com

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *