Penerbit  dan distributor buku seni internasional atau Distributed Art Publishers (D.A.P) membentuk jaringan Artbook Internasional. Perusahaan itu telah menandatangani kerjasama dengan berbagai mitra dan perwakilan dari Negara-negara baru untuk memperluas program penjualan dan distribusi buku seni di seluruh dunia.

Tujuan mereka melakukan kesepakatan itu adalah untuk memperluas jangkauan globalnya dalam hal penerbitan buku seni. Berbasis di New York, mereka menerbitkan dan mendistribusikan buku-buku seni dan fotografi.

Mereka kini tidak hanya menjual buku-buku kesenian di wilayah lokal Amerika serikat saja, kini mereka telah menjalin kerjasama dengan berbagai penerbit dan distributor hampir di seluruh dunia, bahkan di Asia dan Australia.

Di Inggris, perusahaan D.A.P telah bermitra dengan Marston Book Services dalam hal distribusi buku seni. Artbook juga telah bermitra dengan Yale Representation Limited dalam hal layanan penjualan dan pemasaran buku-buku tentang seni.

Di samping itu, buku-buku tentang seni yang diterbitkan oleh mereka sekarang dapat dipesan di Inggris dan Eropa melalui Nielsen Book Data.

Sementara itu, Di Prancis, buku-buku dari D.A.P banyak diwakili oleh Interart yang berbasis di Paris; di Jerman, Swiss, Austria dan Luksemburg, diwakili oleh Penerbit Gabriele Kern yang berbasis di Frankfurt. Lalu Bremer Publishing Services yang berbasis di Copenhagen menjadi mitra dari D.A.P di Skandinavia, Estonia, dan Afrika Selatan.

Di Dublin, ada penerbit John Fitzpatrick untuk mewakili D.A.P di Irlandia. Lalu Pandovani Books juga menjadi mitra untuk melayani penjual buku seni di Spanyol, Italia, Portugal, Siprus, Gibraltar, dan Yunani. Lalu Ewa Ledochowicz yang berbasis di Warsawa adalah perwakilan utama penjualan buku seni di Rusia dan bekas Republik Soviet.

Di Jepang, buku kesenian dikelola oleh toko buku independen, yaitu MHM Wholesale.  Sementara di seluruh Asia penjualan dan distripusi buku dikelola oleh Chris Ashton dari Publishers International Marketing. Lebih ke selatan, yakni Australian, penjualan dan distribusi buku kesenian ditangani oleh Books at Manic yang berbasis di Melbourne.

Dan terakhir, Nicolas Friedmann mewakili Artbook di Amerika Latin. Dengan demikian, Penerbit dan Distributor Buku Seni Internasional dalam mendistribusikan Buku-buku tentang Seni terbitan internasional sudah bisa dipesan di berbagai negara. Namun, secara khusus, D.A.P belum bekerja sama dengan penerbit dari Indonesia.

Sumber: Publisher Weekly

Admin Kataloka

Admin situs Kataloka.org.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *