Tips Menerbitkan Buku Indie

Tips Menerbitkan Buku Indie – Dengan adanya teknologi, penulis kini mempunyai kemungkinan besar untuk bisa menerbitkan bukunya secara mandiri atau indie. Penerbit mandiri atau penerbit indie menawarkan cara yang hemat biaya untuk membagikan buku Anda kepada masyarakat dan menghasilkan sedikit uang dari tulisan Anda. Apakah Anda berharap untuk menerbitkan sendiri buku cetak atau versi elektronik, berikut adalah beberapa tips tentang cara menerbitkan buku secara indie.

Edit dan Sunting Buku Anda

Mengedit naskah secara profesional adalah suatu keharusan. Tidak ada buku yang sempurna, tetapi bantuan dari seorang editor dapat membantu Anda lebih dekat. Ada banyak jenis editing, jadi pastikan Anda tahu mana yang harus Anda edit, dan mana yang tidak sebelum menyewa seorang editor. Editor kemudian akan memeriksa alur dan konsistensi buku Anda. Para editor menyarankan perubahan-perubahan ketika ada sesuatu yang janggal atau keliru. Selain itu, usahakan juga menyewa seorang pemeriksa aksara atau penyunting. Ini penting untuk memperbaiki kesalahan pengejaan dan menyesuaikan tata bahasa. Baik Editor maupun penyunting, sangat diperlukan dalam proses penerbitan indie. Di sini, banyak penerbit maupun penulis yang melupakanya sehingga kualitas buku indie sering dipandang sebelah mata.

Buat Sampul Buku Yang Menarik

Desain sampul buku Anda adalah senjata penting untuk memasarkan buku Anda kepada pembaca. Dengan kualitas cetak yang luar biasa dan desain sampul yang bagus, buku Anda akan tampak seperti buku yang digarap oleh penerbit besar atau penerbit mayor. Sebagai penulis, yang tahu benar seluk-beluk isi buku Anda, sebaiknya Anda merancang kover buku sesuai dengan isi buku yang Anda tulis. Namun jika Anda tidak mampu, Anda bisa menyerahkannya pada para desainer profesional. Syukur-syukur desainer tersebut mau berkolaborasi dengan Anda.

Jangan Lupakan ISBN

ISBN menyediakan data penting tentang buku Anda. Bisa dikatakan bahwa ISBN adalah identitas buku Anda. Dan ini sifatnya wajib. Sebagai penulis, alangkah Anda harus memilih penerbit yang benar-benar terpecaya untuk mengurusi legalitas buku Anda.

Temukan Distributor Buku yang Baik

Setelah menemukan penerbit yang Anda percaya, Anda juga harus menemukan distributor buku yang terpercaya. Distributor sangat bervariasi dalam harga dan layanan, tergantung dengan jangkauan dan target pasar Anda dan target jumlah eksemplar buku. Anda bisa juga menawarkan kerjasama dengan toko-toko buku, daring maupun luring.

Dengan adanya teknologi mesin cetak baru, industri buku sudah mengenal POD (cetak sesuai permintaan). Industri ini pun sangat cocok untuk penerbit indie. Karena Anda tidak harus mencetak buku dalam jumlah eksemplar ribuan, 100 atau 200 buku sudah bisa dibuat. Bahkan jika Anda ragu, Anda bisa mencetak dengan jumlah eksemplar puluhan. Ini juga bisa menjadi pertimbangan Anda dalam menentukan distributor buku.

Promosikan Buku Anda

Jika Anda bukan tokoh publik utama, agaknya sulit untuk menjual buku Anda. Di sini Anda bisa meminta bantuan teman yang menjadi tokoh publik atau teman yang punya pengikut media sosial yang banyak. Namun sebelum melakukan promosi buku, Anda harus memastikan metadata buku atau detil deskripsi buku Anda sebaik mungkin.

Dengan menyiapkan metadata buku yang baik dan menarik, ini akan menambah nilai jual buku Anda, terutama secara daring.

Ini adalah yang paling menantang. Anda harus melakukan gerliya dan menemukan strategi pemasaran buku yang sesuai dengan target pasar Anda; meminta orang mengulas buku, menilai buku, mengiklankan di media sosial atau website, dan banyak lagi. Dan perlu diingat, sesuaikan dengan target pasar Anda.

Bersikap Realistis

Revolusi dunia penerbitan self-publishing atau penerbitan indie telah memungkinkan siapa pun yang punya cerita bisa menerbitkan buku, yang mengakibatkan membanjirnya buku-buku di atas semua buku yang diterbitkan oleh penerbit besar setiap tahun. Kondisi ini membuat Anda kemungkinan besar tidak akan semewah yang Anda harapkan.

Banyak penulis yang lupa dan tidak menyadari ini sehingga ia akan berkecil hati dan mandek berkarya. Karena itu, bersikap realistislah sejak awal jika Anda ingin menerbitkan buku secara indie atau mandiri. Target Anda harusnya tidaklah sebesar target buku-buku yang diterbitkan oleh penerbit mayor.

Namun, pada faktanya, tidak jarang buku-buku terbitan indie bisa mengalahkan buku-buku terbitan mayor. Pada intinya, keberhasilan tidak terjadi dalam semalam. Dibutuhkan dedikasi dan pengetahuan bisnis.

Demikian Tips Menerbitkan Buku Indie yang patut Anda pikirkan jika Anda ingin menerbitkan buku dengan jalur mandiri. Jangan menyerah dan terus berkarya!

Gambar Features: JJ Ying

Admin Kataloka

Admin situs Kataloka.org.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *