Berawal dari kegelisahan akan kurangnya informasi perihal perbukuan,

Organisasi Kataloka merupakan organisasi yang fokus bergerak di bidang perbukuan. Kami bekerja dengan memberikan informasi, data, ulasan, agenda dan sebagainya perihal dunia perbukuan. Untuk memudahkan pengelolahan, kami membagi organisasi kami menjadi 7 divisi: 1) Narasi; 2) Warta; 3) Telaah; 4) Acara dan Agenda; 5) Sastra; 6) Jeda; dan 7) Gerai. Ketujuh divisi tersebut akan menaungi program atau fokus yang berbeda. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

Narasi Kataloka

Narasi Kataloka merupakan divisi dari Organisasi Kataloka yang menaungi perihal ide-ide, wacana, dan isu tentang produksi dunia perbukuan. Divisi ini dibagi menjadi empat subbidang, yaitu: penulis; penerbit; percetakan; dan pemasaran. Keempat subbidang tersebut masing-masing memiliki fokus yang berbeda. Subbidang Penulis, fokus membahas bagaimana proses berkarya, biografi, dan karya-karya dari penulis-penulis baru atau lama. Subbidang Penerbit, fokus membahas tentang bagaimana proses penerbitan dalam dunia perbukuan, misalnya: editor, penyunting, manajemen, legalitas, sistem, layouter, desainer sampul, dan sebagainya. Lalu subbidang percetakan, fokus membahas isu, wacana dan berita perihal dunia percetakan, misalnya: mesin cetak, proses cetak, list harga cetak, dan sebagainya. Dan subbidang pemasaran, fokus tentang bagaimana isu, wacana, berita perihal dunia pemasaran buku.

Warta Kataloka

Warta Kataloka merupakan divisi dari Organisasi Kataloka yang menaungi perihal informasi buku-buku yang telah terbit. Divisi ini bertujuan untuk memberikan apresiasi terkait karya buku yang telah terbit. Dalam divisi ini, terdapat tiga subbidang, yaitu: info buku, ulasan buku, dan resensi buku. Khusus untuk subbidang info buku, merupakan rubrik khusus dari organisasi untuk membantu Divisi Gerai Kataloka dalam mempromosikan buku-buku yang kami jual. Jadi, pada subbidang info buku, adalah rubrik khusus dari kami.

Telaah Buku

Telaah Buku merupakan divisi dari Organisasi Kataloka yang menaungi perihal wacana, isu, kritik dan perkembangan dunia perbukuan. Di dalamnya membahas tiga hal, yaitu: artikel-artikel tentang perkembangan dunia perbukuan, esai tentang perbukuan (kritik), dan hipogram buku. Hipogram buku merupakan program kami, yang terinspirasi dari teori Riffaterre, yang mencari buku-buku sebelumnya atau yang berhubungan dengan buku.

Acara dan Agenda

Acara dan Agenda merupakan divisi dari Organisasi Kataloka yang menaungi perihal event, acara dan agenda dunia perbukuan. Dalam hal ini, ada lima bagian yang kami masukkan, yaitu: event menulis, bedah buku, launching buku, pameran buku dan seminar kepenulisan. Agenda-agenda atau acara yang kami cantumkan di dalam sini, bersifat hanya sharing atau penyampaian kembali dari event-event yang telah kami kumpulkan. Terkait penyelenggara dan penanggung jawab acara, sepenuhnya berada di tanggung jawab penyelenggara. Dalam mempublikasikan atau sharing event dan acara perihal perbukuan, kami sebelumnya telah mengkonfirmasi dan meminta izin pada penyedia acara.

Sastra

Sastra merupakan divisi dari Organisasi Kataloka yang menaungi perihal dunia kesusastraan. Diharapkan, untuk menyampaikan informasi, berita, wacana, esai, isu atau apapun perihal perbukuan, tidak melulu melalui jalan yang kaku. Oleh karena itu, divisi sastra merupakan alternatif bagi anggota organisasi, maupun orang lain yang mempunyai atau berpartisipasi dalam memberikan cerita atau puisi tentang perbukuan, bisa ikut berpartisipasi di sini. Namun, kami juga tidak menutup kemungkinan untuk karya sastra yang tidak bertemakan dunia perbukuan.

Jeda

Jeda merupakan divisi dari Organisasi Kataloka yang bersifat nonformal atau santai. Divisi ini berisi tips-tips, tutorial, atau humor-humor tentang dunia perbukuan.

Gerai Kataloka

Gerai Kataloka merupakan Divisi Independen dari Organisasi Kataloka yang menaungi jual-beli buku. Gerai Kataloka bekerjasama dengan subbidang Info Buku dalam hal promosi. Untuk media atau informasi selengkapnya, silahkan kunjungi situs Gerai Kataloka.

Majalah Kataloka

Majalah Katloka merupakan Divisi Independen dari Organisasi Kataloka yang fokus membuat majalah organisasi yang terbit setahun 2 kali (Juli dan Desember).

Sebagai organisasi, Kataloka mempunyai struktur organisasi sebagai berikut:

Ketua Organisasi: Ridlwan Munif

Wakil Ketua: Iqbal Ahmadi

Sekretaris Utama: Atiq Mujahid

Bendahara: Nur Istiqomah

Pusat Data dan Dokumentasi: Khoirul Ulum

Humaniora: Jack, Ipunk, Siti

Divisi Narasi Kataloka: Maghfur Munif

Divisi Warta Kataloka: Zipper

Divisi Telaah Buku: Amm Rifai

Divisi Acara dan Agenda: Ipunk

Divisi Sastra: Abdul Manaf

Divisi Jeda: Yusuf Setiawan

Gerai Kataloka: Nabilah, Deni Novantoro, Usman

Redaksi Majalah Kataloka: Zainuddin Ahmad, Syafii,