Soal sering ditanya (SSD) atau Frequently Asked Question (FAQ) dari kataloka.org:

Kataloka.org itu apa sih?

Kataloka.org pada mulanya adalah sebuah organisasi yang dibentuk untuk fokus dalam dunia perbukuan. Namun seiring waktu, kami bukan lagi sebuah organisasi. Bisa dikatakan, kini kataloka.org merupakan media yang dikelola bersama oleh tim redaksi, berisi kajian atas dunia perbukuan dan literasi. Tujuan kami jelas, yakni memberikan informasi, berita, isu, wacana dan analisis terhadap dunia perbukuan dan literasi, terutama di Indonesia. Tulisan-tulisan atau konten yang ada di dalam kataloka.org, dengan demikian, fokus pada dunia buku dan literasi. Jadi, perlu dicatat, bahwa kami bukan media yang memberi berita atau informasi perihal acara penulisan saja, tapi kerja-kerja kami lebih banyak dibumbui oleh nalar pengetahuan, data, dan eksplorasi.

Apakah Redaksi Kataloka ini Redaksi Resmi?

Untuk sementara, kami belum mendapat izin resmi penerbitan. Namun, mohon doanya, dalam waktu dekat, kami akan menjadi media resmi yang fokus bergerak di bidang perbukuan.

Apakah Redaksi Kataloka juga merupakan Penerbit atau Percetakan?

Untuk sementara, kami belum ke arah sana. Dan seperti tujuan kami, kami hanya ingin menjadi media yang memberikan informasi, berita, isu, wacana dan analisis terhadap dunia perbukuan dan literasi, bukan bertujuan untuk menjadi penerbit atau percetakan. Atau bahkan distributor buku. Namun ke depan, tidak menutup kemungkinan kami akan bergerak ke arah sana demi kepentingan legalitas.

Dari mana Redaksi Kataloka mendapat biaya operasional?

Redaksi Kataloka merupakan media non-profit. Pendanaan kegiatan-kegiatan kami berasal dari 2 sumber.

Pertama, donatur, baik bersifat lembaga maupun pribadi. Sejauh ini kami pernah mendapat sokongan dari beberapa anggota dan kawan kami yang tertarik pada tujuan kami.

Kedua, penjualan buku Gerai Kataloka. Gerai Kataloka sendiri merupakan sisa dari Organisasi Kataloka di masa lampau. Tujuannya, keuntungan dari jualan buku itu adalah untuk mendanai kegiatan organisasi. Namun, sekarang Gerai Kataloka beralih fungsi menjadi salah satu sumber pendanaan kataloka.org. Namun, perlu digaris bawahi bahwa Gerai Kataloka dan Kataloka.org selalu kami pisahkan. Sehingga tidak ada ada sangkut paut antara lini bisnis dan redaksi.

Bagaimana memasang iklan di kataloka.org?

Untuk sementara ini, sepertinya kami belum menerima kerjasama dalam bentuk pemasangan iklan. Hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas tulisan dan kenyamanan pembaca. Sehingga, bisa dikatakan untuk ementara situs kataloka.org tidak menerima iklan dalam bentuk apapun, termasuk iklan berbayar.

Akan tetapi, seperti tujuan awal media ini, kami tetap terbuka untuk kerjasama dan berkolaborasi kepada Anda selama tujuan dan keinginan Anda bersesuaian dengan tujuan dan keinginan kami. Misalnya, kerjasama publikasi acara atau agenda literasi atau perbukuan.

Saya ingin kerjasama dengan Redaksi Kataloka, bagaimana caranya?

Dengan senang hati kami akan mau berkolaborasi dengan ide-ide kreatif Anda. Terkait hal ini, silahkan mengirim ke email admin@kataloka.org atau langsung hubungi kontak kami.

Apakah saya boleh mempublikasikan ulang konten yang ada di Redaksi Kataloka?

Semua publikasi kami memakai pada dasarnya hak ciptanya berada di bawah Tuhan Yang Maha Kreatif. Jika Anda ingin memplagiasi tulisan atau konten dalam situs ini, silahkan dipikirkan ulang. Plagiasi adalah mencuri.

Namun, demi kebaikan bersama, kami tetap memperbolehkan publikasi ulang dengan ketentuan:

  1. Anda harus menyatakan dan menyebutkan bahwa Anda memuat atau mengolah ulang konten dari kataloka.org. Lalu jangan lupa, dengan mencantumkan sumber yang jelas;
  2. Anda harus memastikan bahwa pemuatan ulang yang Anda lakukan bukan untuk tujuan komersial; dan
  3. Jika memungkinkan, beri tautan sumber tulisan yang Anda publikasikan, hingga kami bisa memoderasi tulisan Anda.

Akan lebih baik juga, jika Anda memberi keterangan: “Tulisan ini pertama kali dipublikasikan di situs kataloka.org

Saya ingin berkontribusi dengan Redaksi Kataloka, bagaimana caranya?

Silahkan. Dengan senang hati. Kontribusi Anda akan sangat berarti bagi kami. Untuk berkontribusi pada kami, ada empat cara yang bisa Anda lakukan:

  1. Menulis untuk kami (Silahkan kunjungi Kirim Tulisan);
  2. Membeli buku di Gerai Kataloka (Silahkan kunjungi Gerai Kataloka);
  3. Memberikan donasi (Silahkan Hubungi Kami); dan
  4. Relawan dalam membantu aktivitas kami dengan cara menghubungi kontak kami.

Saya punya tulisan, dan saya ingin mempublikasikannya di Kataloka.org?

Boleh. Silahkan kunjungi Syarat dan Ketentuan serta Unduh Panduan Penulisan.

Saya ingin wawancara/mengundang Redaksi Kataloka untuk acara yang saya adakan, apakah bisa?

Silahkan. Sangat diperbolehkan dan kami akan sangat antusias. Silakan sampaikan permintaan Anda ke melalui surat elektronik admin@kataloka.org atau langsung hubungi kontak kami. Namun, perlu diingat, sertakan pula identitas, institusi atau lembaga, keperluan dan harapan Anda pada kami.

Seperti saya tertarik dengan program Kataloka.org, apakah Redaksi Kataloka menerima relawan/atau tempat magang?

Untuk sementara belum. Namun sekali lagi, kami terbuka dalam membuka kerja sama atau kolaborasi dengan berbagai pihak. Bahkan untuk sekedar bicara santai sambil ngopi-ngopi kami siap untuk menerima undangan Anda. Namun para anggota redaksi mempunyai kesibukan tersendiri. Bahkan bisa dikatakan bahwa anggota-anggota kami punya pekerjaan lain selain mengelola media kataloka.org.

Dengan demikian, demi kenyamanan bersama, agar bisa mengatur jadwal, akan lebih baik jika Anda memberitahu kami sebelum bermain-main, ngobrol, atau berkolaborasi dengan kami. Kami sangat terbuka dengan kunjungan Anda, baik untuk ngobrol serius atau sekadar kongkow-kongkow.

Saya ingin main ke kantor Redaksi Kataloka, bagaimana caranya?

Untuk sementara, kantor kami ada di Yogyakarta. Tepatnya di Jl. Syeechnoor, RT 12 Panggungharjo, Sewon, Bantul. Namun, itu adalah kantor kami yang lama. Sekarang kami belum mempunyai kantor tetap. Untuk main-main atau ngobrol-ngobrol dengan kami, akan lebih baik jika Anda menghubungi kami terlebih dahulu.