Syarat dan Ketentuan Kirim Tulisan – Redaksi Kataloka merupakan majalah yang berisi wacana, ide, isu dan perbincangan yang mendalam seputar dunia perbukuan, penerbitan, percetakan, hingga penulis. Karena itu, kami hanya menyediakan rubrik-rubrik yang berhubungan dengan informasi tersebut, yaitu: Narasi (Bincang Pemasaran, Penerbit, Penulis, percetakan), Warta (Berita, info, resensi dan ulasan perihal buku), Telaah Buku (artikel, esai, hipogram buku), Buku Bajakan, Sastra (puisi, cerpen, cerbung, naskah drama), dan Jeda (berisi motivasi menulis).

Naskah tulisan dikirimkan melalui surat elektronik sesuai dengan rubrik. File yang dikirim dalam format DOC/RTF/ODT, kami tidak menerima file dalam format PDF. Tulisan yang dikirim harus memenuhi syarat sebagai berikut:

Rubrik Narasi

Rubrik Narasi terdiri dari 4 bagian, yaitu Bincang Pemasaran Buku, Bincang Penerbit, Bincang Penulis, dan Bincang Percetakan. Dengan demikian, rubrik ini merupakan rubrik khusus untuk isu-isu dan wacana terkai produksi dan pemasaran dari sebuah buku. Jadi, rubrik ini fokus membahas unsur internal produksi dan distribusi dari sebuah buku yang telah terbit. Unsur-unsur bermacam-macam dan panjang. Secara khusus, batasan dari subrubrik tersebut adalah sebagai berikut:

Bincang Percetakan: kover, tata letak, cetakan.

Bincang Penerbit: membahas mulai dari prosedur, seleksi, proses editing, dan penyuntingan sebuah buku, hingga manajemen penerbitan.

Bincang Pemasaran Buku: Membahas tentang strategi, teknik, promosi dan beragam cara dan upaya dari penerbit dalam mendistribusikan buku. Termasuk di antaranya, perkembangan jual-beli buku daring, e-book, dan sebagainya.

Bincang Penulis: Membahas tokoh dibalik terciptanya sebuah buku, diutamakan seorang penulis muda atau yang sedang naik daun. Boleh juga menulis tentang sosok editor, penerjemah, atau penyunting buku. Sebenarnya ini adalah rubrik khusus membahas penulis, editor, penyunting atau pemeriksa aksara. Tidak terbatas pada penulis. Tujuan dari rubrik ini sebenarnya adalah mengangkat mereka yang berkecimpung di dunia tulisan, namun kurang mendapat tempat. Karena itu, sebisa mungkin rubrik ini membahas mereka yang di balik layar dari penerbitan suatu buku.

Rubrik Warta

Warta Kataloka merupakan rubrik yang membahas perihal informasi dan berita tentang dunia perbukuan. Oleh karena itu, dalam rubrik ini, kami membaginya menjadi 4 bagian, yaitu berita, info, ulasan, dan resensi buku. Namun, untuk sekarang, info buku merupakan rubrik khusus yang dikelola oleh anggota organisasi. Sehingga, untuk sementara, dalam rubrik ini, kami hanya menerima tulisan Berita, Ulasan dan Resensi. Secara khusus, batasan dari subrubrik tersebut adalah sebagai berikut:

Berita Buku: berisi tulisan tentang informasi dan berita tentang perbukuan. Bisa berupa acara pameran, seminar buku, ulasan acara bedah buku, dan sebagainya.

Ulasan: berisi ulasan suatu buku. Buku yang diulas, adalah buku bertema bebas. Tidak ada batasan.

Resensi: berisi resensi suatu buku. Semua buku boleh diresensi. Tidak ada batasan.

Rubrik Telaah Buku

Telaah buku adalah rubrik yang khusus membahas perihal sisi eksternal dari suatu buku: hubungannya dengan buku lain (Hipogram) dan hubungannya dengan kehidupan masyarakat (Kritik Buku). Bisa juga berupa tips-tips penulisan, atau motivasi menulis dan membaca (Artikel).

Acara dan Agenda

Acara dan Agenda merupakan rubrik khusus untuk mengumumkan perihal acara atau agenda perbukuan. Di dalam rubrik ini ada 6 subrubrik, yaitu: Bedah Buku, Event Menulis, Launching Buku, Pameran Buku, Seminar Kepenulisan, dan Kelas Menulis. Kami terbuka untuk menerima kerjasama penyebaran info perihal acara dan agenda buku. Gratis. Untuk selengkapnya, silahkan hubungi Kontak Kami.

Buku Bajakan

Rubrik ini fokus membahas isu-isu buku bajakan yang kini mulai marak, terutama di lokapasar. Jika Anda mempunyai keluhan atau tulisan tentang buku bajakan, boleh mengirimkan tulisan pada kami. Kami akan berusaha untuk melaporkan keluhan Anda pada pihak yang berwajib.

Sastra

Kami percaya bahwa dalam menyampaikan suatu wacana, kritik, dan sebagainya, tidak selalu harus dalam bentuk formal seperti artikel, esai, opini, dan semacamnya. Malahan, kami percaya, cara paling efisien dalam menyampaikan suatu wacana atau kritik adalah melalui jalan sastra. Karena itu, rubrik ini adalah rubrik sastra yang khusus bertemakan dunia perbukuan. Cerita-cerita, puisi, atau mungkin naskah drama.

Jeda

Jeda adalah rubrik yang berisi perihal obrolan santai dan humoris perihal dunia perbukuan. Tulisan dalam rubrik ini bisa berbentuk bebas, tidak hanya tulisan. Gambar, karikatur, atau videografis bisa dikirimkan dalam rubrik Jeda.

Syarat dan Ketentuan Tulisan

  1. Tulisan harus dikirim langsung melalui surat elektronik penulis ke surat elektronik admin@kataloka.org.
  2. Tulisan harus rapi dan sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) dan sesuai dengan Pedoman Alih Aksara untuk penulisan kata yang berasal dari bahasa Arab.
  3. Tulisan harus merupakan karya sendiri. Apabila di dalam tulisan terdapat kutipan dari sumber lain, maka harus disebutkan sumbernya. Jika terdapat plagiarisme, kami tidak akan menerbitkannya. Silahkan membaca pedoman plagiarisme.
  4. Tulisan tidak keluar dari visi dan misi Redaksi Kataloka.
  5. Penulis harus melengkapi detil profil penulis.
  6. Tulisan yang dikirim tidak boleh mengandung unsur promosi dan tidak boleh mengandung hyperlink ke situs yang bersifat komersial. Untuk advertorial, silakan hubungi kami.
  7. Kami mengutamakan mengutamakan naskah yang belum pernah dimuat di media lainnya (seperti: blog pribadi, media online lain, akun media sosial seperti Facebook, dsb).
  8. Naskah tulisan yang sudah pernah dimuat di media lain tersebut akan kami masukkan dalam urutan paling akhir atau bahkan tidak akan kami muat jika antrian kiriman tulisan yang masuk sedang penuh.
  9. Naskah yang masuk dan akan dipublikasikan, akan dikurasi oleh dewan redaksi dengan konfirmasi dari penulis.

Catatan

Tulisan yang masuk membutuhkan waktu beberapa hari hingga sampai dimuat di Narasi Kataloka, hal ini karena ada proses screening dan editing oleh redaksi dari sekian banyak tulisan yang masuk.

Apabila tulisan tersebut ingin segera dimuat, misalnya karena terkait dengan isu yang sedang hangat atau aktual, mohon beri subject (HANGAT) pada bagian subject message/email.

Redaksi Narasi Kataloka berhak mengevaluasi, memilih tulisan mana yang dapat dimuat dan mana yang tidak dapat dimuat. Penulis akan mendapatkan pemberitahuan terkait hal ini.

Jika selama sebulan sejak pengiriman, dan Anda tidak mendapat pemberitahuan, mohon konfirmasikan secara personal ke nomor telpon +6281246479919.

Untuk lebih memudahkan pihak redaksi dalam menerbitkan tulisan Anda, disarankan menggunakan template dari kami. Silahkan unduh di sini.