Kegiatan literasi di tengah epidemi virus korona – Pemerintah masih tarik-ulur tentang status lockdown terkait epidemi wabah virus korona. Beberapa lembaga pemerintah sudah meliburkan kegiatan mereka, termasuk kampus-kampus, dan sekolah yang menggantinya dengan kegiatan secara daring. Namun bagaimana dengan kegiatan pameran buku atau kegiatan literasi lainnya di tengah wabah virus korona?

Jika mengaca pada berita luar negeri, kita akan menemukan puluhan acara perbukuan atau literasi yang dibatalkan. Mengutip dari Publisher Weekly,  ada lebih dari 50 acara dan agenda yang ditunda, dihentikan atau dibatalkan karena virus korona.

Tak hanya acara atau agenda, bahkan beberapa layanan perpustakaan publik juga ikut menutup atau memberhentikan layanan mereka. Misalnya saja, Perpustakaan Umum New York yang ditutup sejak tanggal 13 Maret Lalu. Perpustakaan Umum New York akan tutup di semua cabang dan wilayah, dimulai dari tanggal 14 Maret hingga 31 Maret.

Di Indonesia, Perpustakaan Nasional baru saja mengumumkan bahwa Perpusnas akan tutup sementara untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap resiko penyebaran COVID-19 melalui akun Twitter.

Sementara itu, terkait kegiatan literasi di tengah epidemi virus korona dalam bentuk pameran buku, beberapa kegiatan tersebut dihentikan atau ditunda.

Pada hari Minggu (15/3), melalui akun media sosial, Indie Book Corner mengumumkan bahwa acara Bersama Kopi dan Buku: Kami Membaca Patjar Merah Kaget Ditunda. Acara yang diadakan oleh Patjar Merah, Bhineka dan Diomedia tersebut rencananya akan dilakukan pada tanggal 27 Maret – 3 April 2020 di Solo.

Indie Book Corner menuliskan dalam cuitannya, “Menimbang kondisi akhir-akhir ini, tim @Patjarmerah_id mengumumkan untuk menunda PatjarKaget di Solo. Mari #saling jaga.”

Sementara itu, di Jakarta, Pameran Buku BBW Indonesia yang tersisa sehari lagi tetap berlangsung. Pameran buku terbesar tersebut sudah dimulai dari tanggal 6 Maret di Hall 6-10 ICE BSD.

Gramedia Nirmala Mahendradatta, Denpasar, juga masih mengadakan pameran buku. Pameran buku dari Gramedia tersebut banyak menawarkan diskon besar-besaran. Mulai dari buku komik, novel, resep masakan, dan lain-lain. Harganya mulai dari 5 ribu rupiah.

Sementara itu, Bentang Pustaka dan Mizan pada hari Sabtu (14/3) Maret mengadakan Peluncuran Novel Pangeran dari Timur karya Iksaka Banu dan Kurnia Effendi. Acara tersebut diadakan di Museum Bank Indonesia.

Tidak usah panik. Tenang. Dan tetap jaga diri. Namun mengadakan kegiatan literasi di tengah epidemi virus korona tetap berisiko meningkatkan penyebaran virus.

Maghfur Munif

Aku lahir di Gresik, nomaden, pecandu kopi, arbitrer seperti bahasa, suka catur, dan kerap menulis. Cita-citaku manunggaling kawulo teks. Bisa dihubungi lewat Twitter: @punkysme atau email: punkysme@gmail.com

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *