Membahas buku dalam buku masih jarang tersentuh. Bagiku, cukup baru namun menyenangkan. Biasanya membahas sesuatu dituangkan dalam tulisan lalu dicetak dalam bentuk buku. Tapi ada beberapa penulis yang membahas buku dalam buku.

Membahas buku di sini bukan melulu tentang kritik belaka, buku ini bagus dan buku ini tidak bagus misalnya, namun bisa juga tentang cerita-cerita pengalamannya dengan dunia perbukuan. Ini lebih mengasyikkan.

Sependek perjalanananku membaca buku, berikut adalah buku yang membahas buku:

Berumah Di Buku

Berumah di Buku adalah kumpulan esai dari Bandung Mawardi. Diterbitkan oleh Penerbit Basabasi tahun 2018. Judul buku itu diambil dari esai ke sembilan. Total esai dalam buku itu 24. Kesemuanya membahas tentang buku-buku. Ia bercerita tentang pertemuannya dengan buku-buku. Bagaimana ia membeli suatu buku, bagaimana buku itu bercerita kepadanya, mengajarinya serta ia memposisikan buku itu di dalam benaknya. Menyenangkan sekali membaca tulisan dari Bandung Mawardi.

Buku dalam Indonesia Baru

Buku ini editornya AlfonsTaryadi. Diterbitkan pertama kali oleh Yayasan Obor tahun 1999. Sambutan dari buku itu ditulis oleh Mochtar Lubis dan Jacob Oetama. Buku itu mungkin bisa digolongkan sebagai buku yang berat. Karena buku itu berisi tulisan-tulisan para penulis senior tentang bagaimana dunia penerbitan buku skala nasional. Ada delapan belas tulisan dalam buku itu, termasuk sambutan dan pengantar. Penulis-penulis senior seperti Ignas Kleden, Romo Mangun, dan Sapardi Djoko Damono, ikut terlibat dalam penulisan buku tersebut. Bahkan ada beberapa penulis luar negeri yang ikut berpartisipasi.

“Buku adalah senjata yang kukuh dan berdaya hebat untuk melakukan serangan maupun pertahanan terhadap perubahan sosial. Termasuk perubahan dalam nilai-nilai manusia dan kemasyarakatan,” tulis Mochtar Lubis di bagian awal buku.

Aku, Buku dan Masa Depanku

Buku ini digarap bersama dengan Wahyu Wibowo, dkk. Buku itu pertama kali terbit pada April 2019 dan diterbitkan oleh Basabasi. Pengantar buku itu ditulis oleh Edi Iyubenu. Ada banyak tulisan atau cerita-cerita tentang buku-buku: ada yang bercerita manis-pahitnya seseorang bertemu dengan buku; ada yang menceritakan bagaimana buku menyelamatkan hidupnya; ada yang bercerita tentang usaha perbukuan; dan ada pula yang mengkritisi buku buku. Buku ini asik dibaca, santai, banyak bahasa ragam informal, namun penuh perenungan.

Dari Buku ke Buku: Sambung Menyambung Menjadi Satu

Buku ini ditulis oleh P. Swantoro (Note: P adalah akronim dari Pollycarpus, bukan Pak). Buku ini adalah buku yang luar biasa. Aku langsung jatuh cinta dengan buku ini. Bagaimana tidak, buku ini bercerita tentang kisah-kisah buku klasik. Gaya bercerita Swantoro dalam buku ini juga ringan dan lebih sastrawi daripada informatif. Ada tiga puluh tiga cerita buku-buku di dalam buku ini dan uniknya, kesemuanya saling berhubungan. Ada gambar-gambar atau foto bukunya juga. Membaca buku ini seolah kita akan diajak terbang pada zaman Belanda di mana buku-buku yang ada masih didominasi oleh buku-buku luar.

Jacob Oetama, yang menuliskan pengantar buku ini, di paragraf awal langsung nembak dengan mengatakan: P. Swantoro adalah seorang sejarawan yang cermat terhadap sumber. Dan memang, detilnya itu lho… Aku bahkan beberapa kali dibuat tercengan dengan data sejarah yang dibalut cerita dan sastra dalam buku itu.

Selain empat buku di atas, aku belum menemukan lagi buku yang membahas buku. Sebenarnya ada beberapa buku yang membahas buku tapi dengan jalan meresensi buku itu. Misalnya buku Mengikat Buku, yang diterbitkan oleh Radio Buku yang mana versi digitalnya pertama kali terbit November 2017. Buku itu mengajarkan kita bahwa untuk bisa membaca buku, kita harus juga mengikatnya dengan cara meresensinya agar tidak hilang.

Maghfur Munif

Aku lahir di Gresik, nomaden, pecandu kopi, arbitrer seperti bahasa, suka catur, dan kerap menulis. Cita-citaku manunggaling kawulo teks. Bisa dihubungi lewat Twitter: @punkysme atau email: punkysme@gmail.com

Join the Conversation

1 Comment

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *