Batu Matahari merupakan buku yang ditulis Octavio Paz. Buku ini termasuk dalam kategori Novel (Terjemahan) yang diterbitkan Diva Press pada tahun 2019.

Kutipan

“Buku-buku Prescott adalah favorit kakekku, maka aku membacanya kala aku kecil. Aku suka membaca ulang buku-buku itu”

“Aku juga suka membaca ulang buku-buku. Aku tak percaya pada orang-orang yang tak pernah membaca ulang. Dan tak percaya pada mereka yang membaca terlalu banyak buku. Kupikir gila, ya kegilaan modern, yang kian menambah jumlah orang yang berlagak intelek. Kau mestinya membaca sedikit buku dengan baik dan berulang-ulang”

‘Seorang teman bilang padaku Danwa dia menemukan cara untuk meningkatkan kecepatan membaca. Seingatku, mereka berencana mengenalkannya ke sekolah-sekolah”

“Mereka gila. Yang semestinya kau ajarkan kepada masyarakat adalah membaca dengan perlanan. Dan tak terlalu menggelisahkan banyak hal. Dan kau tahu kenapa mereka menemukan kegelisahan di mana-mana?. Karena mereka ketakutan. Orang-orang takut dengan keheningan, mereka curiga pada segala yang diam. Karena itulah mereka berbondong-bondong pergi dari dusun ke kota. Mereka takut menjadi diri sendiri

“Ya, dunia penuh ketakutan.”

“Dan mereka yang berkuasa mengeksploitasi ketakutan. Kehidupan individual tak pernah begitu direndahkan dan kekuasaan tak pernah begitu dipuja seperti sekarang”

“Sungguh, lebih mudah hidup sebagai seseorang, memutuskan sesuatu sebagai seseorang. Bahkan sekarat pun lebih mudah, jika kau mati dibiayai orang lain. Kita diserbu ketakutan. Ada ketakutan orang kebanyakan, dan mereka menanganinya dengan menyerahkan diri pada manusia kuat. Namun di sana juga ada ketakutan dari perasaan berkuasa, mereka tak berani untuk tinggal sendirian. Karena mereka ketakutan, mereka terbenam dalam kekuasaan. — Sumber; Buku Batu Matahari, halaman 68-69.

Daftar Isi

  • Pengantar —
  • Kata-Kata Debu, Bahasa Almanak Masa Lalu — 5
  • Daftar Isi — 13
  • BATU MATAHARI (Octavio Paz) — 15
  • Mengunjungi Robert Frost — 65
  • Tentang Pengarang — 76

Info buku ini dibuat khusus oleh redaksi dalam rangka untuk mempromosikan buku yang kami jual di Gerai Kataloka. Gerai Kataloka merupakan bagian dari Organisasi Kataloka yang menaungi jual-beli buku orisinal. Oleh karena itu, jika Anda tertarik dengan buku (judul), sudi kiranya mampir di gerai kami.

Admin Kataloka

Admin situs Kataloka.org.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *