Biografi Gus Dur merupakan buku yang ditulis oleh Dr. Greg Barton sahabat Gus Dur yang aktif meneliti ke-Islam-an di Indonesia sejak tahun 1990-an . Buku ini termasuk dalam kategori Biografi (Terjemahan) yang diterbitkan LKiS pada tahun 2003.

_____

The Autorized Biography of Abdurrahman Wahid merupaka judul asli dari buku Biografi Gus Dur yang ditulis oleh sahabtanya saat beliau masih hidup. Buku ini awalnya dicetak dalam bahasa Inggris awal tahun 2003, dan tak lama setelah itu baru diterjemah dalam bahasa Indonesia. Penulis buku ini adalah Dr. Greg Barton seorang pengajar senior Studi Perbandingan Seni, Sains, dan Agama di Deakin University, seorang ahli mengenai Islam di Indonesia, khususnya dari kalangan yang diseut Islam Liberal.

Berbeda dengan buku biografi lain yang hanya fokus pada pada kecil dan atau masa-kondisi yang jarang diketahui orang banyak. Buku ini lebih fokus pada masa perjalanan Gus Dur selama penulis menjadi sahabatnya. Dengan penilaian objketif, kritis dan apa adanya Greg berhasil memberi pandangan baru tentang sosok Bapak Bangsa Kita (Gus Dur).

Penggambaran Sosok Gus Dur yang jarang dimengerti oleh khalayak umum meningggalkan  banyak sekali persepsi yang abu-abu, sikapnya yang tidak biasa juga melahirkan musuh dan teman dalam waktu yang sama.

Ketidak tahuan kelurga mengenai Gus Dur juga tercantum dalam buku ini pada Bagian Petama “Pesantren dan Keluarga”. Siapa sangka dalam hubungan yang begitu dekat, masih ada yang tersembunyi, contohnya soal tanggal lahir Gus Dur yang diyakini dan dirayakan pada tanggal 4 Agustus ternyata tanggal 7 Agustus, dan hal itu masih terjadi saat beliau jadi presiden. Dan masih banyak hal menegenai sosok Gus Dur lebih dari apa yang trlihat oleh kasat mata dalam buku ini.

_____

Isi dari buku ini sengaja dibatasi oleh penulis sampai masa setelah pelengseran jabatan ke-presiden-an Gus Dur.

Info buku ini dibuat khusus oleh redaksi dalam rangka untuk mempromosikan buku yang kami jual di Gerai Kataloka. Gerai Kataloka merupakan bagian dari Redaksi Kataloka yang menaungi jual-beli buku orisinal. Oleh karena itu, jika Anda tertarik dengan buku (judul), sudi kiranya mampir di gerai kami.

Pengangguran suka nongkrong di warung kopi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *