Totem and Taboo merupakan buku yang ditulis oleh Sigmund Freud. Buku ini termasuk dalam kategori Kumpulan Esai/Psikoanalisis (Terjemahan) yang diterbitkan Immortal Publishing pada tahun 2018.

Kutipan

Tabu orang mati — Kita tahu bahwa orang mati adalah penguasa yang hebat; kita mungkin terkejut mengetahui bahwa mereka dianggap sebagai musuh.

Di masyarakat-masyarakat primitif, tabu orang mati benar-benar sangat mematikan-kalau kita pakai analogi infeksi penyakit di muka. Sejak awal ia telah memanifestasikan dirinya dalam akibat-akibat yang akan muncul jika melakukan kontak dengan orang mati, dan dalam perlakuan terhadap orang-orang yang berkabung. Di suku Maori, Siapa pun yang menyentuh mayat atau ikut serta dalam penguburan, dianggap sangat kotor dan hampir dikucilkan sepenuhnya oleh kawan-kawannya; dalam bahasa kita, ia diboikot. la tidak boleh memasuki rumah, atau mendekati orang-orang atau benda-benda karena akan menularinya. la bahkan tidak boleh menyentuh makanannya dengan tangannya sendiri, yang sekarang dianggap kotor dan, karenanya, tidak ada gunanya. Makanannya diletakkan di tanah, dan tidak ada pilihan lain baginya selain memakannya sebisa mungkin menggunakan bibir dan giginya, sementara tanganya diletakkan di belakang punggung. Kadang-kadang ia boleh diberi makan oleh orang lain yang membantunya makan dengan cara menjulurkan tangan, tetapi tanpa menyentuh si malang tersebut, tetapi  si penolong ini kemudian juga dikenai pembatasan-pembatasan yang hampir sama menekannya. Hampir di setiap desa ada individu yang terhina, yang dikucilkan oleh masyarakat, yang kehidupannya tergantung pada belas kasihan orang lain. Hanya makhluk seperti dialah yang boleh berada dalam jarak perentangan tangan dengan orang yang baru saja memenuhi tugasnya menguburkan orang mati. Namun, setelah masa pengucilan ini selesai, setelah ia tidak lagi kotor, ia bisa kembali bergabung dengan teman-temannya, semua piring yang ia pakai selama masa berbahaya itu dihancurkan dan semua pakaiannya dibuang. — Sumber: Buku Totem and Taboo, halaman 80-81.

Daftar Isi

  • Pengantar Penerjemah Edisi Bahasa Inggris — v
  • Pengantar Penulis — 1
  • Daftar lsi — 4
  • Rasa Takut Manusia Primitif Terhadap Inses — 7
  • Tabu dan Ambivalensi Emosi — 33
  • Animisme, Sihir, dan Kemahakuasaan Pikiran — 111
  • Rekurensi Totemisme pada Anak-anak — 145

Info buku ini dibuat khusus oleh redaksi dalam rangka untuk mempromosikan buku yang kami jual di Gerai Kataloka. Gerai Kataloka merupakan bagian dari Redaksi Kataloka yang menaungi jual-beli buku orisinal. Oleh karena itu, jika Anda tertarik dengan buku (judul), sudi kiranya mampir di gerai kami.

Admin Kataloka

Admin situs Kataloka.org.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *