Sains Leonardo merupakan buku yang ditulis oleh Frijtof Capra seorang penulis best seller “The Tao of Physics” . Buku ini termasuk dalam kategori Hasil Penelitian (Terjemahan) yang diterbitkan Jalasutra pada tahun 2006.

_____

Kebanyakan dari kita mengenal Leonardo da Vinci sebagai seniman dari karyanya, lukisan Monalisa Misalnya. Tapi ternyata dia tidak hanya seorang seniman yang melulu mengekspresikan ide-idenya berlandas intuisi-rasa semata, dia adalah seorang Saintis.

Selama empat puluh tahun dimasa hidupnya, Leonardo menulis dan mengumpulkan penelitian yang dia kumpulkan dalam sebuah catatan dan sempat diyakini merangkum 1.300 tulisan yang belum sempat dia rapikan sampai dia meninggal. Bersyukur, setelah melewati masa yang panjang, hampir setengah karyanya di tulis dan dicetak ulang. Sekarang manuskip itu sudah mulai tersebar di banyak mesuem, perpustakaan dan koleksi pribadi.

Buku ini adalah sebuah penelitian karya Fritjof Capra, berlandas kekagumannya atas karya da Vinci. Dia berasumsi hanya orang yang punya pijakan saintifik kuat yang bisa menyelesaikan karya yang  begitu istimewa. Berawal dari sana dia meluangkan waktu selama tiga dekade untuk menyelesaikan buku ini.

Lewat buku ini, Capra mencoba memberi sebuah penilaian berbeda terhadap sosok “sang maestro seni” tersebut, seorang ilmuwan, fisikawan, dan pemikir sistemik. Pendekatan da Vinci tehadap pengetahuan-ilmiah dalam menghasilkan karyanya dijelaskan secara jelas dalam buku ini.

Setelah membaca buku ini secara tuntas, julukan sebagai “pemikir sistemik” yang memakai pendekatan visual dalam membangun karya seninya mungkin adalah wajar. Dalam beberapa lembar terakhir, buku ini juga Geometri dan Notebook / catatan yang dia pakai untuk menyimpan karyanya yang jarang kita ketahui.

_____

“Sains Leonardo” layak disebut sebuah eksplorasi yang jauh dan medalam mengenai sebuah karya, yang mengantarkan kita akan betapa indahnya sebuah hasil karya yang didadari ilmu pengentahuan.

Info buku ini dibuat khusus oleh redaksi dalam rangka untuk mempromosikan buku yang kami jual di Gerai Kataloka. Gerai Kataloka merupakan bagian dari Redaksi Kataloka yang menaungi jual-beli buku orisinal. Oleh karena itu, jika Anda tertarik dengan buku (judul), sudi kiranya mampir di gerai kami.

Pengangguran suka nongkrong di warung kopi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *