Tato merupakan buku yang ditulis oleh Hatib Abdul Kadir Olong. Buku ini termasuk dalam kategori Antropologi Tubuh yang diterbitkan LKiS pada tahun 2006.

—-

Buku ini merupakan sebuah kajian persoalan tubuh yang ada dalam maraknya fenomena tato dewasa ini. Tidak saja melukiskan fenomena tato dan menelusuri asal muasalnya, Buku ini lebih mencoba melakukan pembacaan atas  fenomena tato dalam sejumlah perspektif teoretik kontemporer.

Kejadian historis, lokasi teks, dan formasi pembacanya adalah komponen pendekatan yang coba disusguhkan buku ini,  pergeseran-pegeseran praktik tato dan maknanya dijelaskan dengan runtut oelh Hati dalam buku ini.

Pada mulanya praktik tato merupakan penandaan kolektif masyarakat etnik, kemudian diadopsi menjadi tanda budaya tanding oleh komunitas-komunitas subkultur, dan selanjutnya dalam dewasa ini diakui oleh budaya pop global menjadia bagian darinya.

Hatib Abdul Kadir Olong Penulis buku ini, adalah orang yang terjun langsung dalam tai, dinilai dari latar belakang penulisnya, buku ini merupakan tulisan tentang praktik anak muda yang ditulis oleh anak muda sendiri. Tersirat di banyak tempat dalam buku ini spirit kebebasan anak muda yang dipertentangkan dengan stigmatisasi (profan, dosa, tak berakar) orang tua atas praktik-praktik anak muda.

Buku ini seakan menampik asumsi ahistorisitas anak muda dengan menunjukkan kemampuan menelusuri jejak-jejak praktik tato pada masa silam, namun pada waktu yang sama juga melakukan penyesuaian-penyesuaian terhadap situasi kontemporer.

Info buku ini dibuat khusus oleh redaksi dalam rangka untuk mempromosikan buku yang kami jual di Gerai Kataloka. Gerai Kataloka merupakan bagian dari Redaksi Kataloka yang menaungi jual-beli buku orisinal. Oleh karena itu, jika Anda tertarik dengan buku (judul), sudi kiranya mampir di gerai kami.

Admin Kataloka

Admin situs Kataloka.org.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *